by

Gempa 6,5 SR Guncang Aceh

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 skala Richter kembali mengguncang Kota Serambi Mekkah Aceh, tepatnya di kabupaten Pidie Jaya pada pukul 05.03 Rabu pagi (7/12/2016).

Salah satu civitas akademika IAIN Samarinda asal Aceh Maisarah Rahmi Hasan, Lc mengaku sangat prihatin atas musibah gempa yang terjadi di tanah kelahirannya itu. Banyak korban berjatuhan, bangunan roboh dan ribuan orang mengungsi.

“Alhamdulillah semuanya aman terkendali. Kebetulan kampung saya jauh dari Pidie Jaya tapi keluarga saya yang di Aceh sempat merasakan juga guncangan gempanya,” tutur Maisarah Rahmi Hasan seraya berharap saudara-saudaranya di Aceh yang terkena musibah diberikan ketabahan, kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini.

Dari lansiran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diperoleh informasi sementara jumlah korban gempa Aceh yakni 102 orang meninggal dunia, 1 orang hilang, 136 orang luka berat, 616 orang luka ringan dan 3.276 orang mengungsi.

Gempa di Kota Serambi Makkah sedikitnya telah memporakporandakan ratusan rumah, 4 masjid, sekolah, dan fasilitas umum rusak parah akibat guncangan gempa.

Pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika (BMKG) beberapa saat lalu menyatakan pusat gempa terletak pada 5,24 lintang utara dan 96,24 bujur timur, pada jarak 106 kilometer arah tenggara kota Banda Aceh, pada kedalaman 15 kilometer. Gempa tidak memicu tsunami.#

News Feed