by

PAI Raih Piala Rektor Pada MTQ Mahasiswa IAIN Samarinda 2017

-IAIN Samarinda-2,118 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamiyyatul Qoro’ Wal Huffadz (JQH) mengadakan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Mahasiswa IAIN Samarinda untuk pertama kalinya sepanjang sejarah alih status IAIN Samarinda.

Idris Ketua UKM JQH dan Muhammad Indra salah satu organisatoris UKM JQH IAIN Samarinda yang juga bertindak sebagai ketua panitia pada pelaksanaan MTQ Ke-1 melalui Ilya Inggar Pananti M mahasiswi semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengatakan ada beberapa tujuan dari diadakannya MTQ Tingkat Mahasiswa IAIN Samarinda. Yakni untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, Meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah antar mahasiswa IAIN Samarinda dan Melestarikan seni dan budaya Qur’ani.

“MTQ Tingkat Mahasiswa IAIN Samarinda ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, Meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah antar mahasiswa IAIN Samarinda dan Melestarikan seni dan budaya Qur’ani,” sebut mahasiswi yang akrab disapa Ilya ini pada IAIN NEWS Pekan tadi.

Dari penuturan Ilya Inggar Pananti, bakat, keterampilan serta kompetensi mahasiswa IAIN Samarinda pada MTQ pertama ini banyak bermunculan. Baik dari seni tilawah, hafalan Al- Qur’annya maupun seni kaligrafi baik yang bersifat kontemporer maupun yang klasik.

“Subhanallah, ternyata mahasiswa IAIN Samarinda banyak yang memiliki bakat terpendam. Itu terbukti dalam pelaksanaan MTQ pertama tingkat mahasiswa IAIN Samarinda ini,” ungkap Ilya Inggar Pananti di sela-sela perkuliahannya di Gedung FTIK Jalan H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda.

Ilya menyebutkan dalam MTQ Tingkat Mahasiswa pertama ini ada beberapa cabang lomba yang dilaksanakan. antaranya Lomba Tilawah, Lomba Tahfidz, Lomba Kaligrafi mus’haf, Lomba Kaligrafi kontemporer dan Lomba Syarhil Qur’an.

“Alhamdulillah seru sekali lomba-lombanya. Para peserta semuanya sangat antusias dan menampilkan yang terbaik. Dari catatan panitia sedikitnya ada 59 peserta dari perwakilan masing-masing Prodi di tiap Fakultas mengikuti lomba MTQ yang diselenggarakan UKM JQH ini,” sebut Ilya.

Diketahui sebagai Juara Umum pada MTQ Pertama Tingkat Mahasiswa IAIN Samarinda ini yakni mahasiswa perwakilan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

“Juara umum MTQ Pertama Tingkat Mahasiswa IAIN Samarinda adalah mahasiswa perwakilan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan berhak atas Piala Rektor IAIN Samarinda,”Jelas Ilya Inggar Pananti.

MTQ Pertama Tingkat Mahasiswa IAIN Samarinda digelar selama dua hari 17-18 Maret 2017 dengan mengangkat tema dengan MTQ Tingkat Mahasiswa Mari Kita Tingkatkan Kecintaan Kepada Al-Qur’an Untuk Menjadi Pedoman Hidup. MTQ besutan JQH IAIN Samarinda ini dilaksanakan di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Kampus 2 IAIN Samarinda Jalan H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda.#Tamam

News Feed