by

Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak Launching AFI Corner

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Gubernur Kalimantan Timur, Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak sesuai rencana datang dan melakukan peresmian di perpustakaan IAIN Samarinda Jalan H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda, Rabu pagi (29/3/2017).

Gubernur Kaltim secara resmi melaunching AFI Corner yang tidak lain merupakan kepanjangan dari namanya Awang Faroek Ishak (AFI). Gubernur Kaltim dua periode ini mengungkapkan suasana hatinya ketika berada di tengah-tengah civitas akademika IAIN Samarinda.

“Alhamdulillah kembali bisa berada di tengah-tengah masyarakat akademik dan kampus PTKI kebanggaan Kalimantan Timur, IAIN Samarinda,” ungkap Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak yang sekaligus menjadi keynote speaker pada kuliah umum IAIN Samarinda dengan tema Kebijakan Revitalisasi Perpustakaan di Era Digital bagi Peningkatan Sumber Daya Manusia Kalimantan Timur.

Pada awal pemaparannya Gubernur Kaltim mengapresiasi mahasiswa IAIN Samarinda yang mempunyai karakter tersendiri dalam mengungkapkan aspirasinya kepada pemerintah. Menurut gubernur, dirinya belum pernah mendapati mahasiswa IAIN Samarinda yang berdemo dengan cara yang tidak sopan.

“Mahasiswa IAIN tergolong lebih cerdas dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Tidak perlu dengan cara yang arogan, mereka menyampaikan aspirasinya dengan cara yang elegan dan sopan,” ungkap Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak.

Perihal perpustakaan, orang nomor satu di Provinsi Kaltim ini menyarankan agar Perpustakaan IAIN Samarinda bertransformasi pada perpustakaan digital karena akan mampu menjawab tantangan jaman dan memenuhi kebutuhan global.

“Sudah saatnya IAIN Samarinda memiliki digital library yang bisa diakses oleh setiap masyarakat di benua etam ini. Dengan begitu perguruan tinggi keagamaan Negeri kebanggaan Kaltim ini mampu dan bisa bersaing dengan perguruan tinggi yang lain baik di dalam dan di luar negeri,” ujar gubernur.

Prof. Dr. Awang Faroek Ishak mengungkapkan, perpustakaan merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. Terlebih bagi mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu menurutnya peresmian AFI Corner diharapkan dapat merevitalisasi perpustakaan dalam mendorong pengembangan perpustakaan sehingga berdampak peningkatan kualitas SDM Kaltim.

“Saya punya 10 ribuan lebih judul buku yang saya kumpulkan sejak menjadi mahasiswa, dan buku tersebut akan saya donasikan seluruhnya bagi masyarakat Kalimantan Timur. Nantinya buku ini akan saya bagi ke perpustakaan-perpustakaan yang ada di Kaltim agar mampu mendukung pengembangan literature di perpustakaan,” tuturnya.

AFI Corner sendiri menurut Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak berisi tentang buku-buku gagasan, inspirasi serta berbagai pemikiran beliau beberapa tahun ke depan terkait pengembangan SDM di Kaltim.

“AFI Corner ini berisi gagasan-gagasan saya dalam bentuk buku maupun majalah yang tersebar di media masa nasional maupun internasional yang terkadang banyak menimbulkan polemik di masyarakat Kaltim karena terkesan revolusioner,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd banyak melaporkan terkait perkembangan signifikan yang dialami IAIN Samarinda pasca alih status beberapa tahun silam.

“IAIN Samarinda pasca bertransformasi alih status menjadi IAIN banyak sekali kemajuan yang bisa dilihat baik secara visual maupun yang tidak kasat mata. Pembangunan fisik maupun kualitas terus menjadi perhatian para pemegang kebijakan di kampus PTKIN satu-satunya di Benua Etam ini. Dalam kesempatan kali ini saya selaku Rektor IAIN Samarinda menyampaikan komitmen kami untuk ikut serta mendukung pembangunan Kaltim,” tutur Rektor.

Dalam kesempatan yang cukup prestisius ini Rektor IAIN Samarinda sempat menyampaikan beberapa pantun andalannya yang menghibur dan sedap di telinga. Berikut petikan beberapa pantun yang disampaikannya,

Pulau Derawan Indah dipandang
Pesona alam dan taman lautnya sungguh menawan
Pak Awang Faroek datang bukan sembarang datang
Tapi datang untuk peresmian dan memberi pencerahan.
——————————————-

Tari Enggang tarian Khas Dayak
Ditarikan gadis-gadis yang cantik dan ayu
Doa kami untuk bapak Awang Faroek Ishak
Semoga beliau sehat wal afiat dan sukses selalu
——————————————-

Di Malaysia dikenal film Upin dan Ipin
Di Indonesia dikenal film Satria
Selamat datang buat Prof Aswin
Di IAIN Samarinda tercinta.#Tamam

News Feed