by

Kuliah Umum Dr. KH. Kharisuddin Aqib, M.Ag : Bangun Karakter Bangsa Dengan Al-Qur’an

-IAIN Samarinda-1,549 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,-Dr. KH. Kharisuddin Aqib, M.Ag Dosen tetap PPs UIN Surabaya menyampaikan kuliah umum bertema “Istinbat Akhlak Qur’ani Sebagai Basis Pembangunan Karakter Bangsa” bagi Civitas Akademika Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda.

“Al-Qur’an yang diturunkan berabad yang lampau merupakan kitab suci umat Islam yang selalu relevan bagi manusia sepanjang masa. Relevansi kitab suci ini terlihat dari petunjuk-petunjuk yang diberikannya kepada mereka dalam seluruh aspek kehidupan,” kata Dr. KH. Kharisuddin Aqib, M.Ag di Auditorium Kampus 1 IAIN Samarinda Jalan Abul Hasan No.3 Samarinda, Ahad (1/10/2017).

Dr. KH. Kharisuddin Aqib, M.Ag yang didampingi Direktur PPs IAIN Samarinda Dr. Muhammad Nasir, M.Ag menegaskan bahwa dalam Al-Qur’an telah ada pokok-pokok agama, norma-norma hukum, hikmah-hikmah dan tuntunan untuk kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat, dan kebahagiaan mahluk pada umumnya.

“Oleh karena itu sebagai sumber ajaran pokok, Al-Qur’an senantiasa kita tadabburi dan kita kaji. Mengapa Al-Qur’an senantiasa harus dipedomani?, karena di dalam Al-Qur’an terdapat pokok-pokok keagamaan seperti budi pekerti, akhlak, filsafat, ilmu sosial kemasyarakatan, untuk mengatur perhubungan manusia satu derngan manusia lain, dari tiap-tiap sudut dari macam ragam sudut dari kehidupan yang sulit dan besar ini,” kata dia.

Oleh karena itu menurut Kiyai kelahiran nganjuk ini, untuk mempermudah dalam menelaah dan mengkaji Al-Qur’an dirinya menggunakan beberapa metodologi yang terdiri dari prinsip umum, khusus dan langkah-langkah praktisnya.

“Prinsip umumnya adalah bahwa al-qur’an merupakan kumpulan risalah atau surat dari Allah SWT untuk umat nabi Muhammad sepanjang masa, termasuk kita. Dan pada hakikatnya adalah khitab atau person yang diajak bicara oleh Allah melalui Al-Qur’an,” kata dia.

Dosen yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Ulil Al Bab di Nganjuk ini mengajak untuk senantiasa kembali pada Al-Qur’an dalam setiap sisi kehidupan, saat ini satu-satunya cara agar bangsa Indonesia terbangun karakter kebangsaannya adalah dengan kembali pada ajaran pokok umat Islam yakni Al-Qur’an.#Tamam

News Feed