by

Perbankan Syariah Prospek Menjadi Pelopor Kemajuan Ekonomi Dunia

-IAIN Samarinda-1,790 views

SAMARINDA IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda melalui Program Pascasarjana selalu melakukan sirkulasi ilmu pengetahuan ketika memasuki perkuliahan di setiap semesternya dengan menyelenggarakan kuliah umum. Hari ini, Sabtu (24/03/18) Program Pascasarjana Program Studi Ekonomi Syariah (ES) menggelar kuliah umum dengan tema Kebijakan Pengembangan dan Prospek Perbankan Syari’ah di Indonesia yang dilaksanakan di Kampus I Jl. Abul Hasan Kota Samarinda.

Kegiatan kuliah umum ini mendatangkan nara sumber yang merupakan pakar Ekonomi Islam, yakni Prof. Dr. Muslimin Kara, MA (Guru Besar Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar). Selain itu juga, kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Samarinda yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Zurqoni, M.Ag, Direktur Pascasarjana, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag, serta Kaprodi dari masing-masing prodi maupun staf unit kerja dan mahasiswa Pascasarjana IAIN Samarinda.
FOTO KULIAH UMUM ES PASCA 5

Kegiatan kuliah umum ini tentunya bertujuan untuk knowledge sharing mengenai permasalahan perekonomian dan perbankan syariah yang ada di dunia dan Indonesia. Apalagi dewasa ini permasalahan ekonomi dan perbankan syariah yang makin tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Meskipun terkait perbankan syariah masih menimbulkan polemik khususnya dengan perbankan yang sifatnya konvensional. Namun seiring berjalannya waktu terlebih dengan keluarnya kebijakan tentang perbankan syariah yang tertuang dalam UUD No. 10 1998, maka akses perbankan syariah sudah dapat berkembang pesat khususnya di Indonesia.

Prof. Dr. Muslimin Kara, MA, menuturkan, “Memang pada awalnya perbankan syariah menimbulkan polemik khususnya dengan perbankan konvensional. Namun, pada tahun 2008 dengan dikeluarkannya UUD No. 10 Tahun 1998, maka kebijakan ini memberikan ruang dan peluang bagi perbankan syariah mengepakkan sayapnya di Indonesia. Pada dasarnya ada dua model yang ditawarkan dalam dunia perbankan Indonesia. Pertama, Bank umum konvensional bisa mengkonversi ke bank syariah. Kedua, Bank Konvensional bisa membuka cabang ke Bank Syariah”, tuturnya.

FOTO KULIAH UMUM ES PASCA 2
Senada dengan ungkapan di atas, Dr. Zuroni, M.Ag juga mengungkapkan, “Permasalahan perbankan syariah merupakan tema yang seksi untuk dikaji dan didiskusikan dewasa ini, melihat begitu pesatnya perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Indonesia sangat potensial menjadi pelopor pengembangan bank syariah di dunia”, ungkapnya. #Arbain

News Feed