by

Bersinergi dalam Meningkatkan Mutu Prodi MPI, Jajaran MPI IAIN Samarinda Hadiri Seminar dan Lokakarya AICEM KE-3 2018

-IAIN Samarinda-1,409 views

SAMARINDA IAIN NEWS,- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dengan melakukan berbagai workshop dan seminar baik skala nasional maupun internasional dalam menyongsong perkembangan zaman yang begitu pesat serta mampu berdaya saing terhadap perguruan tinggi umum yang ada di Indonesia khususnya dalam konteks pengelolaan perguruan tinggi Islam agar dapat berpacu dan lebih maju dalam membranding PTKIN menjadi mercusuar peradaban dunia. Menjadi PTKIN yang bermutu tentu membutuhkan manajemen yang baik. Oleh karena itu, Ketua Prodi, Pengurus, dan Dosen Manajemen Pendidikan Islam IAIN Samarinda yang tergabung dalam Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) seluruh Indonesia menggelar dan menghadiri Seminar dan Lokakarya AICEM KE-3 (Anual International Conference Education Management) yang diselenggarakan di Hotel Jayakarta Yogyakarta (24-26/4/18).

Acara Seminar dan Lokakarya AICEM ke-3 ini dibuka secara langsung oleh Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, Prof. Dr.Phil. Kamaruddin Amin, MA dan dihadiri oleh beberapa nara sumber diantaranya dari Menpan RB, Istiadi, dan Entrepreneur Muda, Ipang Wahid.

AICEM 5
Dalam kegiatan Workshop dan Lokakarya AICEM KE-3 ini, IAIN Samarinda mengirimkan Kaprodi MPI, Pengurus, dan Dosen konsentrasi MPI untuk dapat menghadiri seminar tersebut. Utusan tersebut diantaranya, Wakil Dekan II, Dr. Muchamad Eka Mahmud, M.Ag, Wakil Dekan III, Dr. Zamroni, M.Pd, Kaprodi MPI S-1, Siti Julaiha, M.Pd, Kaprodi MPI Pascasarjana, dan Dra. Etty Nurbayani, M.Pd.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menjadikan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) lebih berkualitas tetapi juga wahana silaturahmi dalam berdiskusi dan knowledge sharing seputar problematika manajemen pendidikan Islam baik dari segi input, proses, maupun outputnya. Sehingga hasil pertemuan ini pun menghasilkan beberapa point penting sebagai rekomendasi yang telah disepakati bersama untuk diimplementasikan pada prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) baik di jenjang Strata Satu (S-1), Strata Dua (S-2) maupun Strata Tiga (S-3) dalam hal profil prodi MPI, kerja sama (memorandum of understanding), mutu dan akreditasi, magang dan praktik profesi, pengembangan SDM dan karya ilmiah dosen, serta beberapa rekomendasi yang ditujukan ke pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI dan Menpan-RB agar lulusan MPI mendapatkan formasi CPNS.
AICEM 3

Kaprodi MPI, Pascasarjana IAIN Samarinda, Dra, Etty Nurbayani, M.Pd mengungkapkan, “Seminar dan Lokakarya AICEM ini merupakan sarana menyatukan visi dan misi prodi MPI agar MPI dapat selalu bersinergi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusannya sehingga dapat menjadi para pengembang pendidikan Islam di seluruh belahan nusantara. Karena lulusan MPI harapannya dapat menjadi pemimpin dan pengelola lembaga pendidikan Islam yang qualified di bidangnya dan mampu memajukan lembaga pendidikan Islam”, ungkapnya.

Senada dengan ungkapan di atas, Dr. Zamroni, M.Pd selaku Wakil Dekan III FTIK IAIN Samarinda menambahkan, “Prodi MPI merupakan salah satu prodi yang penting dalam mengembangkan dan mengelola lembaga pendidikan Islam jauh lebih baik dan bermutu serta berdaya saing. Lulusan MPI tentunya memiliki peran strategis dalam meningkatkan mutu pengelolaan lembaga pnedidikan Islam baik pengelolaan pondok pesantren, madrasah, sekolah Islam, hingga perguruan tinggi Islam”, tambahnya.

Kegiatan Seminar dan Lokakarya AICEM ke- 3 ini juga dirangkai dengan menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi Islam. Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya untuk dapat meningkatkan kualitas prodi MPI secara berkelanjutan, setelah dilaksanakan AICEM ke-3 di Yogyakarta, tahun depan AICEM ke-4 akan dilaksanakan di Manado.#Arbain

News Feed