by

Rektor Lepas 651 Mahasiswa Ber KKN-KKP

-Kegiatan, Mahasiswa-1,182 views

SAMARINDA, NEWS,- Akademisi IAIN Samarinda termasuk mahasiswa-mahasiswi mempunyai kewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat.
Implementasi pengabdian pada masyarakat di kalangan mahasiswa biasa dikenal dengan istilah prongram Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau KKP (Kuliah Kerja Profesi). Pada program ini mahasiswa dapat mengamalkan segala pengatahuan yang pernah dipelajari selama mengikuti pembelajaran di kampus.

Seperti itulah yang terjadi di Kampus Hijau Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda di hari yang cerah ini Jum’at (13/07/1018), Sebanyak 606 Mahasiswa-Mahasiswi bakal diterjunkan di masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Profesi (KKP. Setelah digelarnya workshop dan pelatihan KKN-KKP tentunya banyak ilmu yang diserap oleh Mahasiswa, Harapannya mampu memberikan penguatan dan pembekalan kepada setiap Mahasiswa dalam mengimplementasikan kelimuannya secara rill di masyarakat nantinya. Dengan adanya pelepasan ini nantinya Mahasiswa-Mahasiswi dapat memberikan dampak positif pada masyarakat secara umumnya dan Lembaga Kampus secara khususnya.
8W8A8701

Menurut Muhammad Iwan Abdi M. Si, Selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Samarinda beliau berujar, Bahwa peserta KKN-KKP tahun ini sangat membludak sehinggah panitia sempat kewalahan dalam mencari lokasi, Iwan mengatakan Kecamatan Samboja dan Separi menjadi lokasi baru tahun ini untuk ditempatkan peserta KKN-KKP mengabdi, Meskipun ada juga Mahasiswa yang di tempatkan di Lombok Nusa Tenggara Barat, Iwan juga mengatakan pelaksanaan KKN-KKP ini akan berlangsung selama 25 hari.

“Tahun ini KKN-KKP sangat membludak sehingga kami sempat kewalahan dalam mencari lokasi, Dan Alhamdulillah tahun ini kami menambah lokasi yakni Samboja dan Separi meskpiun beberapa hari ada juga yang kami kirim ke Lombok Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti KKN Nusantara, dan Puji Syukur Rektor UIN Mataram menyambut kami dengan baik di sana”. Ujar Iwan

8W8A8700
Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku Rektor IAIN Samarinda dalam sambutannya menyampaikan agar kembali meluruskan niatnya semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt, Ilyasin tak lupa pula menyampaikan kepada Mahasiswa-Mahasiswi agar apa-apa yang pernah diberikan secara keilmuan selama pembekalan maupun selama kuliah agar bisa diimplementasikan nantinya di masyarakat.

“Mari luruskan niat sebelum berangkat, dan pengabdian ini jadikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada sesama manusia maupun kepada Allah SWT, yang terpenting anda sudah memperoleh pembekalan selama beberapa hari secara keilmuan, harapannya apa-apa yang sampaikan itu harus dilaksanakan atau diimlpementasikan di masyarakat luas nantinya”. Tutur Ilyasin.

8W8A8708
Dalam kesemptan ini Ilyasin juga menyampaikan kepada seluruh paserta KKN-KKP bahwa, Setelah berada di luar kampus nantinya tanggung jawab sepenuhnya ada pada diri kita semua, Meskipun kampus bertanggung jawab secara adminitrasi, Oleh karena itu tetaplah disiplin dari segala hal. Sebelum ingin melakukan sesuatu agar terlebih dahulu memulai dari diri masing-masing.

“Begitu anda nanti keluar dari kampus ini tanggung jawab sepenuhnya ada pada diri kita semua, Meskipun kampus juga bertanggung jawab secara administrasi akan tetapi pada hakikatnya semua adalah tanggung jawab kita bersama, Oleh karena itu tidak lupa saya juga menegaskan agar sebelum mengubah diri orang lain terlebih dahulu rubahlah diri masing-masing karena jika diri sendiri tidak bisa dirubah maka mustahil bisa merubah orang lain”, tegas Ilyasin.

Dalam acara pelepasan KKN-KKP ini di hadiri pula oleh Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, Dr. Zurqoni, M.Ag, Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd, Muhammad Nasrun, M. Pd, Muhammad Iwan Abdi, M. Si, Serta seluruh staf di masing-masing unit yang turut menghadiri kegiatan ini.#Idris
8W8A8708

News Feed