by

PPs IAIN Samarinda Gelar Seleksi Ujian Masuk Mahasiswa Baru 2018

-Kegiatan-1,007 views

SAMARINDA IAIN NEWS-, Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda kembali membuka jalur pendaftaran ujian masuk mahasiswa baru tahun 2018. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana sudah menggunakan sistem online melalui portal pendaftaran mahasiswa baru. Hari ini, Jum’at (20-21/7/18) telah dimulai pelaksanaan ujian masuk tes tertulis yang digelar di sembilan kelas kampus satu gedung Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda, Jl. Abul Hasan Kota Samarinda.


Pelaksanaan Ujian Masuk Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda ditempuh melalui dua jalur tes yaitu tes tertulis (paper test) dan tes lisan (oral test). Test ujian masuk kali ini begitu ketat, sehingga peserta ujian harus mempersiapkan mental dan raganya untuk mengikuti tes yang akan berlangsung selama dua hari ini. Besok, Sabtu (21/8/18) ujian akan dilanjutkan dengan ujian lisan (oral test).

Kegiatan tes tertulis ini digelar di sembilan kelas dengan jumlah perkelas sekitar 20-26 orang. Jika ditotalkan ada sekitar 150-an calon mahasiswa baru yang akan bersaing untuk memperebutkan kursi yang telah disediakan masing-masing prodi pada gelombang pertama. Ada beberapa prodi yang jumlah mahasiswa pendaftarnya membludak sehingga akan dilakukan seleksi yang ketat dalam menyaring mahasiswa-mahasiswa baru dalam penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana tahun ini.

Direktur Pascasarjana, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag bersama dengan Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Abdul Majid, MA, juga turut memantau jalannya ujian masuk jalur tertulis hari ini.


“Alhamdulillah, ujian masuk calon mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda tahun 2018 ini berjalan aman dan lancar. Akan tetapi, ujian masuk kali ini berbeda dengan ujian masuk pada tahun-tahun sebelumnya, ujian tahun ini digelar melalui dua jalur ujian yakni jalur ujian tertulis dan ujian lisan. Sehingga seleksi mahasiswa baru tahun ini sangat ketat, hal ini dilakukan untuk menemukan calon-calon mahasiswa baru yang berkualitas yang nantinya dapat meningkatkan mutu lembaga khususnya Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda, ungkap Direktur Pascasarjana IAIN Samarinda.

Senada dengan ungkapan di atas, Wakil Direktur Pascasarjana, mengungkapkan, “Pelaksanaan ujian masuk khususnya Program Pascasarjana tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi kita perketat dengan mengadakan ujian masuk melalui ujian tertulis dan lisan, dengan harapan dapat menemukan calon mahasiswa baru yang nantinya dapat memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan mutu lembaga, khususnya Program Pascasarjana, apalagi ada beberapa prodi yang sudah berstatus terakreditasi A oleh BAN-PT seperti prodi PAI, dan beberapa prodi lain yang sudah terakreditasi B, sehingga usaha tersebut harus tetap dipertahankan dan bahkan harus ditingkatkan demi menjaga mutu lembaga”, ungkapnya.#Arbain#Humas

News Feed