by

Bersinergi dan Berkontribusi Untuk Umat: UPZ IAIN Samarinda Resmi Dilantik

-Kegiatan-763 views

SAMARINDA IAIN NEWS,- Zakat merupakan komponen penting dalam menopang perekonomian dan kesejahteraan umat. Melalui program zakat yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Timur, setidaknya pengelolaan dan penyaluran zakat khususnya di Kalimantan Timur dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Baznas Provinsi Kaltim tidak hanya menyentuh kalangan masyarakat miskin yang penyalurannya ketika Bulan Ramadhan tetapi juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi untuk dapat berkontribusi serta bersinergi dalam pengumpulan zakat, salah satunya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Wujud kerjasama itu mendapat sebuah kesepakatan adanya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap fakultas yang ada di IAIN Samarinda yang hari ini telah dilantik secara resmi oleh Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Ruang Rektor Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir Kota Samarinda (23/7/18).


Kegiatan pelantikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) ini dihadiri dan dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Timur, Dr. H. Fakhrul Ghazi, MA, juga dihadiri dan disaksikan oleh Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku penanggung jawab UPZ, Wakil Rektor I, Dr. Zurqoni, M.Ag, Wakil Rektor II, Dr. M. Abdzar D, M.Ag, Wakil Rektor III, Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag, Kabiro AUAK, Dr. H.M.Kusasi, M.Pd, selaku pembina UPZ, Direktur Pascasarjana, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag, Pejabat dan Ketua maupun Kepala Unit Kerja dan seluruh Dekan di masing-masing fakultas selaku penanggung jawab UPZ di fakultas masing-masing, bersama seluruh koordinator UPZ di masing-masing fakultas yang akan dilantik.

Pelantikan UPZ di IAIN Samarinda yang tersebar di masing-masing fakultas ini bertujuan untuk menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebagai wujud kontribusi dan sinergitas dalam menciptakan perekonomian dan kesejahteraan umat khususnya bagi masyarakat Kalimantan Timur. Dengan adanya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tiap fakultas yang ada di IAIN Samarinda dan bekerjasama dengan Baznas Provinsi Kaltim harapannya dapat memperkuat manajemen pengelolaan zakat di Kalimantan Timur.


Ketua Baznas Kaltim, Dr. H. Fakhrul Ghazi, MA, menuturkan, “Pelantikan UPZ IAIN Samarinda ini merupakan hal yang baru pernah dilakukan. Pasalnya, belum ada pelantikan UPZ sebagaimana yang telah diprakarsai oleh rekan-rekan dari IAIN Samarinda. Tentunya dengan adanya kontribusi UPZ IAIN Samarinda ini dengan bersinergi bersama Baznas Kaltim akan membawa dampak positif yang besar demi terciptanya perekonomian dan kesejahteraan umat di Kalimantan Timur”, tuturnya.

Senada dengan ungkapan di atas, Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, juga mengungkapkan, “Dengan adanya UPZ IAIN Samarinda yang tersebar di masing-masing fakultas ini tentunya amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dan yang terpenting dari adanya UPZ ini adalah dapat berkontribusi dalam pengumpulan zakat yang tidak hanya akan menjadi wahana pengumpulan zakat tetapi dapat berpengaruh besar kontribusinya melalui UPZ kepada Baznas Provinsi Kalimantan Timur dan IAIN Samarinda”, ungkapnya.

Kegiatan pelantikan UPZ IAIN Samarinda ditutup dengan ramah tamah dan sesi foto bersama Baznas Kaltim dan anggota bersama jajaran pejabat dan staf IAIN Samarinda.#Arbain#Humas.

News Feed