by

Dibuka Rektor, PBAK IAIN Samarinda Resmi Digelar

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali menggelar Pengelanan Budaya Akademik dan Kehamasiswaan (PBAK) diikuti mahasiswa baru Tahun Ajaran 2018/2019 di Masjid Aji Muhammad Sultan Sulaiman Kampus 2 Jl. HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda, Senin (13/08/2018).


Dalam kegiatan ini, peserta PBAK mengikuti berbagai kegiatan pengenalan seputar kampus. Mulai pengenalan para pimpinan, Fakultas, Prodi, Organisasi kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa, hingga sistem pembelajaran yang akan mereka jalani saat aktif mengikuti perkuliahan.


Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa PBAK akan berusaha mendekatkan mahasiswa baru dengan lembaga tempat dirinya menuntut ilmu pengetahuan.

“Tujuan dari kegiatan pengenalan kampus merupakan suatu upaya memperkenalkan mahasiswa baru pada kegiatan kampus. Sehingga, mahasiswa baru akan menjadi lebih cepat untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus. Pengenalan kehidupan kampus diadakan bukan sebagai ajang perpeloncoan ataupun ajang untuk tampil ‘eksis’, namun sebagai ajang perkenalan bagi mahasiswa baru. Oleh sebab itu, perasaan yang muncul haruslah perasaan senang dan bangga dalam menjalaninya, bukan perasaan terpaksa dan tertekan,” ungkap rektor.


Dihadapan para orang tua mahasiswa, Rektor menyampaikan pentingnya kerjasama antara orang tua dan dosen sebagai pendidik demi kesuksesan mahasiswa.

“Orang tua harus bersinergi bersama agar mahasiswa ini mampu menggapai cita-citanya,”ungkap Rektor.

Sebelum menutup sambutannya Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd sempat menyampaikan beberapa tips sukses belajar di Perguruan Tinggi.

“Empat-lima tahun ke depan, adalah tahun-tahun penentuan akan menjadi apa dan siapa engkau ke depannya. Itu akan tergantung, siapa-siapa yang kalian pilih sebagai teman

Itu akan tergantung, tulisan-tulisan apa yang kalian jadikan bacaan, Itu akan tergantung, siapa tokoh yang kalian jadikan panutan Itu akan tergantung, aktivitas apa saja yang kalian biasakan
Itu akan tergantung, bagaimana menit, jam dan hari-hari kalian gunakan
Itu akan tergantung, seberapa tinggi kalian menggantungkan harapan, Itu akan tergantung, seberapa keras kerja kalian untuk meraih impian, Itu akan tergantung, seberapa khusyuk kalian bermohon kepada Allah SWT,” jelasnya.#Tamam

News Feed