by

Peminat Asrama Pesantren Kampus IAIN Samarinda Terus Meningkat

-IAIN Samarinda-1,808 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Setelah melaksanakan selekasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Tahun akademik 2018/2019 pada waktu lalu. Kini Asrama Pesantren Kampus (Peskam) IAIN Samarinda mengadakan seleksi penerimaan santri baru peskam yang bertempat di Kampus II IAIN Samarinda bertempat di Gedung Peskam Lt. 1 – Lt. 3. Jl. HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda sabtu (11/8/2018).

Dalam seleksi santri baru asrama Peskam kali ini, para calon santri harus melakukan beberapa ujian tes, antara lain Tes Baca Qur’an, Tes Wawancara dan Tertulis, serta Tes Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. yang dilaksanakan di 12 lokal, 11 lokal untuk tes Baca Qur’an, Tes Wawancara dan Tertulis sedangkan 1 lokal untuk tes bahasa. Dengan satu lokal diisi oleh dua Murabbi dan Murabbiyah serta dua calon santri.

Sebelum masuk ke ruang ujian, para calon santri peskam menyerahkan Curiculum Vitae yang telah diisinya dan membawa Bukti Selesai Ujian yang diserahkan kepada penguji.
Moh. Nasrun, M.Pd.I selaku direktur Peskam IAIN Samarinda ditemui di ruang kerjanya, menyampaikan “Peminat mahasiswa untuk ke asrama setiap tahunnya meningkat. Namun daya tampungnya kurang sehingga tahun ini seleksi yang diadakan lebih ketat. Sehingga asrama lebih diprioritaskan kepada calon santri yang bertempat tinggal jauh, ekonomi kurang, dan berprestasi serta ini juga merupakan apresiasi dari lembaga bagi mahasiswa jauh yang ingin berkuliah di IAIN Samarinda”, tuturnya

ia juga menambahkan “harapannya gedung asrama bisa ditambah menjadi dua, sehingga bisa menampung para santri asrama peskam, mengingat peminat mahasiswa masuk asrama semakin meningkat setiap tahunnya terutama asrama putri,” tambahnya

Nurur Ramadhan Panji Iman selaku ketua panitia pelaksana seleksi santri baru masuk asrama Peskam yang ditemui usai menguji menyatakan bahwa keseluruhan peserta yang mendaftar seleksi santri baru masuk asrama Peskam sangat banyak ada 531 mahasiswa. Namun, yang dapat diterima hanya 104 putri dan 60 putra. Hasil seleksi akan diumumkan pada hari minggu, 12 Agustus 2018,”ungkapnya.

News Feed