by

Rakernas 2019, Menag Titipkan Tiga Hal

JAKARTA, IAIN NEWS, – Kementerian Agama menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2019 yang dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Rabu (23/01).

Menurut Menag saat ditemui usai membuka kegiatan Rakernas, Ia merasa senang mengikuti rangkaian Rakernas karena biasanya selalu ada hal baru dalam Rakernas yang dirumuskan dengan menghadirkan program-program penuh inovasi dan kreasi, sebagai upaya bersama memberikan pelayanan yang terbaik kepada umat beragama dalam hal mengurusi kebutuhan kehidupan keagamaan agar semakin membaik.

“Ada tiga mantra yang saya dititipkan kepada seluruh peserta Rakernas dan harus betul-betul dipegang dan menjadi ruh juga jiwa Kementerian Agama,” ucap Menag.

Mantra tersebut yaitu pertama, moderasi beragama karena itu sebagai sesuatu yang semakin memiliki relevansi dan urgensi yang tinggi di tengah-tengah kehidupan keagamaan.

Hal kedua yang diingatkan Menag adalah kebersamaan. Kebersamaan diperlukan seiring dengan semakin munculnya keragaman ke permukaan kehidupan masyarakat. Perbedaan yang ada akibat adanya keragaman, harus diikat dengan kebersamaan.

“Di tengah besar, keras dan tajamnya perbedaan satu dengan yang lainnya. jadi sebagai umat beragama kita harus senantiasa diikat dengan kebersamaan karena kita sama-sama umat beragama,” ujarnya.

Dan ketiga, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Kementerian Agama kepada umat maka integrasi data menjadi hal mutlak. Kementerian Agama memilik data yang sangat besar tetapi belum terintegrasi dengan baik agar dapat digunakan dengan lebih maksimal, tutur Menag.#Hikmah/dod/Pendis

News Feed