by

LPM Tingkatkan Keterampilan Teknik Instruksional Dosen Melalui PEKERTI

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional (PEKERTI) di Hotel Grand Kartika, Jl. KH. Khalid No.35 Kota Samarinda, Selasa (23/04/2019).

Rektor IAIN Samarinda melalui Wakil Rektor 1 bidang akademik dan pengembangan lembaga Dr. Muhammad Nasir, M.Ag mengajak kepada seluruh peserta Pekerti agar mengikuti rangkaian acara hingga tuntas.


“Pekerti ini merupakan teknik pelatihan keterampilan dasar sangat penting bagi dosen sebab tidak semua dari kita berasal dari latar belakang pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag juga menyampaikan betapa pentingnya seorang dosen memahami standar nasional pendidikan tinggi termasuk kebijakan pendidikan yang harus dikuasai oleh seorang dosen.

“Seorang dosen harus memahami standar nasional pendidikan tinggi dan juga segala kebijakan pendidikan” terang Wakil Rektor I itu saat memberikan sambutan.


Sementara itu, Drs. Khairul Shaleh, M.Ag selaku ketua LPM IAIN Samarinda menyampaikan kegiatan PEKERTI bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Para Dosen IAIN Samarinda tentang wawasan kependidikan.


“Kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Para Dosen kita di IAIN Samarinda tentang wawasan kependidikannya, pemahaman tentang peserta didiknya, meningkatkan kemampuan dosen dalam silabus dan RPP, meningkatkan kemampuan dosen dalam memanfaatkan sumber belajar dan teknologi pembelajaran serta kemampuan dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar,” sebutnya.


Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber antaranya Dr. Moh. Fakhri, M.Si ketua presidium LPM se PTKIN sekaligus ketua LPM UIN Sunan Kalijaga dengan materi penyusunan RPS/Format RPS IAIN Samarinda, Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag, M.Si selaku guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan materi penguatan komitmen Berkarya, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku Rektor I IAIN Samarinda dengan materi pengembangan bahan ajar, Dr. Zurqoni, M.Ag Rektor II IAIN Samarinda.

Pekerti 2019 berlangsung selama dua hari 23 s/d 24 April dengan peserta dosen PNS 37 orang, Dosen CPNS 19 orang dan Dosen Tetap Non PNS 9 orang.#idris

News Feed