by

Mahasiswa FTIK Dibekali Ilmu Kepramukaan

SAMARINDA,IAIN NEWS,- 400 Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda dari seluruh Program Studi yang ada di FTIK terkhusus semester VI mengikuti kegiatan Workshop Pendidikan Kepramukaan yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa bertempat di Masjid AM Sulaiman Kampus II IAIN Samarinda dari tanggal 26-28 April 2019 M bertepatan dengan tanggal 21-23 Sya’ban 1440 H.


Kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan dan bekerjasama dengan Pimpinan Pramuka daerah yaitu Kwarda Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini juga dibantu oleh teman-teman Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka Sultan Sulaiman-Aminah Syukur IAIN Samarinda. Kegiatan ini dihadiri Wakil Dekan II FTIK Bapak Dr. Suratman, M.Pd dan perwakilan Kwarda Provinsi Kaltim Kakak Zain.

Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi oleh Pimpinan FTIK karena pendidikan kepramukaan bukan hanya dari segi ekstrakulikuler tetapi juga dalam pembelajaran dimana mahasiswa wajib menanamkan dan mengembangkan pendidikan berkarakter. Sehingga mahasiswa perlu diberi bekal terkait kepramukaan sebelum melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sehingga mereka mampu mengimplementasikan bukan hanya kepramukaan tetapi juga keorganisasian disetiap sekolah nantinya.


“Kegiatan ini menjadi bekal nantinya untuk mahasiswa dalam menanamkan dan mengembangkan pendidikan berkarakter dari segi ekstrakulikuler maupun dalam pembelajaran. Serta mahasiswa mampu memberikan pemahaman pendidikan kepramukaan sesuai dengan aturan dan juga kemampuan berorganisasi siswa sekolah dalam segi perencanaan, kegiatan dan juga evaluasi dari segi kegiatan apapun di sekolah nantinya” jelas Dr. Suratman, M.Pd saat sambutan sebelum membuka acara Pendidikan Kepramukaan

Selain mendapat apresiasi dari Pimpinan FTIK kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh Kwartir Daerah Provinsi KALTIM karena semua sekolah di Kalimantan Timur pasti memiliki ekstrakulikuler Pramuka sesuai dengan kurikulum K13. “bagi kwartir daerah kegiatan-kegiatan seperti ini sangat strategis karna setiap sekolah pasti memilikiekstrakulikuler pramuka sesuai dengan kurikulum K13. Dan setiap mahasiswa PKL yang ada di sekolah pasti diberikan tumpuan untuk melakukan pembinaan pramuka terhadap siswa sehingga kegiatan ini sangat diperlukan agar mahasiswa nantinya siap”. Terang Kakak Zain perwakilan Kwartir Daerah Prov. KALTIM #Khalif

News Feed