by

813 Calon Mahasiswa Baru Rebut Peluang Masuk IAIN Samarinda

-IAIN Samarinda-1,176 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,-Seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2019 yang diselenggarakan secara serentak di 58 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang meliputi UIN, IAIN dan STAIN Se-Indonesia, IAIN Samarinda dibanjiri pendaftar sebanyak 813 Calon Mahasiswa Baru. Mereka akan memperebutkan 15 program studi Strata 1 yang terdapat di IAIN Samarinda, Selasa pagi(28/5/2019).

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd menyampaikan bahwa persaingan masuk IAIN Samarinda saat ini cukup ketat.

“Alhamdulillah, untuk menjadi bagian dari keluarga besar IAIN Samarinda calon mahasiswa harus lulus ujian dulu,” tuturnya

Menurut Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd seleksi berskala Nasional ini berpusat di UIN Makasar, sementara di IAIN Samarinda hanya penyelenggara. “Seleksi Nasional ini berpusat di UIN Makasar sementara di IAIN Samarinda hanya lokasi penyelenggara,” ucapnya.


Pihaknya menambahkan, ada tiga tahapan seleksi ujian masuk di IAIN Samarinda, dan hari ini adalah yang kedua.

“Di IAIN Samarinda ada 3 tahapan seleksi ujian masuk, pertama SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN) sudah selesai, sekarang seleksi ujian masuk Nasional, yang ke dua UM-PTKIN (Ujian Masuk PTKIN). Nanti yang ke tiga jalur masuk Mandiri,” sambungnya.

Menurutnya, dari semua tahapan, IAIN Samarinda berencana akan menerima mahasiswa baru sebanyak dua ribuan mahasiswa.

Sementara itu, materi-materi yang diujikan kepada peserta ada test kemampuan dasar yang kedua ada test kemampuan bidang, yang saat ini sedang berlangsung di auditorium Sultan AM. Sulaiman IAIN Samarinda dan diawasi oleh para pengawas.#

News Feed