by

Pimpinan FEBI Kumpulkan Mahasiswa Beri Arahan Lulus Kuliah Tepat Waktu

Dalam rangka percepatan penyelesaian studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Samarinda, bertempat di Aula FEBI, pada 20 Juni 2019, Dekan FEBI mengundang seluruh mahasiswa FEBI yg masih dalam progress penyelesaian skripsi, sebagian kecil diantara mereka angkatan 2014 dan sebagian besar mahasiswa angkatan 2015.

Pengarahan kepada mereka disampaikan oleh Dekan FEBI Dr. Hj. Darmawati, M.Hum, Wakil Dekan 1 Dr. H. Moh. Mahrus, MHI, Ketua Jurusan Ekonomi Syariah Tikawati, SE, MSI dan Sekretaris Prodi Perbankan Syariah Angrum Pratiwi, SE, MM.

Dalam arahannya para unsur pimpinan FEBI menyampaikan bahwa skripsi sebagai tugas akhir perkuliahan harus dikerjakan untuk menuju sarjana. Hal ini sangat tergantung dari kemampuan motivasi diri, kepiawaian adaptasi dengan lingkungan kampus dan kemampuan menerapkan potensi akademik.

Mahasiswa yg dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu (3,5 sampai 4 tahun) berarti mendukung akreditasi yang baik sekali nilainya untuk prodinya.
Ada beberapa langkah praktis yg dapat ditempuh agar skripsi cepat selesai, diantaranya ;

1. Ingat biaya kuliah yg tidak sedikit.
2. Ingat harapan orang tua dan keluarga agar putra putrinya menjadi sarjana.
3. Buat jadwal waktu untuk target percepatan penyelesaian studi.
4. Komunikasi yang baik dan intens dengan dosen pembimbing.
5. Banyak diskusi dg alumni atau sesama kawan seangkatan yang sama sama mengerjakan tugas akhitlr.
6. Mengurangi kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan lainnya yg menyita waktu seperti game, aktivitas di medsos dll.
7. Usaha yang keras dan rajin berdo’a memohon hidayah dan bimbingan Allah SWT dan memohon agar dijauhkan dari sifat malas.

Pada kesempatan ini pula unsur pimpinan FEBI mendengarkan problematika yang dialami mahasiswa diantaranya ada yang sibuk kerja, ada yang malas ke kampus dan dan ada yang kesulitan mencari data penelitian. Problematika ini kemudian dicarikan solusinya sehingga tidak ada alasan bagi mahasiswa untuk tidak mengerjakan tugas akhir atau skripsi. (Usamah)

News Feed