by

Bikin Bangga, Dosen Muda IAIN Samarinda Raih Gelar Doktor di Malaysia

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dosen muda IAIN Samarinda Maisyarah Rahmi Hasan, L.c, MA berhasil meraih Pendidikan doctoral di International Islamic University Malaysia (IIUM) setelah dinyatakan lulus sidang disertasi oleh tim penguji, Rabu (26/6/2019).

Dosen tetap pada Fakultas Syariah IAIN Samarinda ini mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul Shalahiyat Mu’assah Wali Nanggroe fi wilayah Aceh:Dirasatun Tahliliyatun Fi Dhau’i Fiqh Siyasah Syar’iyyah. Secara umum disertasi ini membahas tentang kewenangan Wali Nanggroe dengan menggunakan pendekatan fiqh siyasah syar’iyah.

“Alhamdulillah dua jam lebih saya mempertahankan disertasi di hadapan para penguji yang sangat expert di bidang ushul fiqh,” cerita dosen yang akrab disapa Bu May ini.


Dari penuturannya diketahui sidang disertasi yang dijalaninya dipimpin langsung oleh Assoc. Prof. Dr. Ma’an Fahmi Rashid Al-Khatib (Chair Person), dihadiri oleh Internal Examiner Assoc. Prof. Dr. Bouhedda Ghalia, Assoc. Prof. Dr. Luqman Zakariya (Representative KIRKHS), Supervisor Prof. Dr. Sayed Sikandar Shah. dan juga Muhammad Ihsan Abdul Razak (Assistant Academic CPS IIUM). Selain dari Internal IIUM, disertasi ini juga diuji oleh dua orang external examiners yaitu Prof. Dr. Said Agil al-amunawwar dan Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo.

“Alhamdulillah gelar doktor ini adalah anugerah luar biasa bagi saya, Hadza Min Fadhli Rabbi, terimakasih untuk semua atas doa dan dukungannya, alhamdulillah lulus sidang Disertasi S3, dan mendapat hasil terbaik,jazakumullah khairan ,” ujarnya.

Keberhasilan Maisyarah Rahmi Hasan, L.c, MA saat merampungkan Pendidikan strata III ini bukan tanpa halang rintang. Berbagai kendala ia hadapi dengan tegar dan yakin dapat menyelesaikan pendidikannya.

“Jarak tempuh Indonesia-Malaysia, waktu dan biaya kuliah menjadi tantangan tersendiri. Namun saya yakin dapat melaluinya demi dapat menimba ilmu di perguruan tinggi tersohor di Malaysia ini,”tuturnya.

Diketahui Maisarah Rahmi Hasan, LC di IIUM mengambil jurusan Fiqh and Usul Al fiqh Kulliyah of Islamic Revealed Knowledge and Human science.#

News Feed