by

Gus Muwafiq : Indonesia Prototipe Kerukunan Umat Beragama yang Diakui Dunia

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Narasumber studium general dalam rangka PBAK IAIN Samarinda Tahun 2019 mengungkapkan keragaman keberagamaan yang ada di Indonesia ini merupakan kekayaan yang harus dipertahankan di bumi nusantara.

Hanya di Indonesia sebuah negara yang mampu menyatukan puluhan suku bangsa dan berbagai perbedaan keberagamaan.

Hal tersebut diungkapkan KH. Ahmad Muwafiq atau akrab disapa Gus Muwafiq dihadapan ribuan mahasiswa baru IAIN Samarinda, Senin (19/8/2019).

Di dalam studium general tersebut Gus Muwafiq dengan jelas merinci bahwa identitas kebangsaan di Indonesia harus dirawat dan dijaga dalam bingkai NKRI.

“Di saat bangsa lain datang ke Indonesia belajar tentang NKRI, PANCASILA, kita malah ingin menjadi bangsa lain. Hal ini yang harus menjadi renungan kita bersama bahwa Indonesia memiliki distingsi positif yang tidak dimiliki bangsa lain,” ujarnya.

Menurutnya santri dan kiyai-kiyai saat ini tengah bertahan dan berjuang untuk mempertahankan identitas bangsa demi anak cucu dan generasi penerus bangsa.

Hampir dua jam kiyai yang pernah diundang mengisi acara di istana negara memberi pencerahan kepada mahasiswa baru IAIN Samarinda.

Berikut biografi singkat Gus Muwafiq yang berhasil media ini himpun.

Gus Muwafiq, begitu biasa dikenal banyak orang, beralamat tinggal di Perum Jombor Pratama No. 19, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Orang biasa menyebutnya Kiai Muwafiq, Gus Muwafiq atau Cak Afiq.

Gus Muwaffiq merupakan santri yang sudah lama mengenyam pendidikan pesantren – sebuah lembaga pendidikan tertua di Indonesia – sehingga pemahaman keagamaan beliau mumpuni dan khas. Khasnya adalah pemahaman Islam yang dianut mayoritas muslim Indonesia. Muslim Indonesia merupakan muslim yang menganut madzhab empat, khususnya Imam Syafi’i yang lebih dominan. Selain itu, Gus Muwafiq merupakan jebolan pesantren, terbukti dirinya mampu lebur dengan tradisi dan budaya Nusantara. Jadi, soal khasanah Islam dalam al-Quran, hadits maupun kitab-kitab klasik, beliau mumpuni.            

Gus Muwafiq merupakan sosok yang sadar dan paham sejarah baik secara teori penciptaan alam semesta, jaman nabi-nabi, sejarah Islam pasca Nabi Muhammad Saw. Berbagai silsilah keilmuan, tokoh maupun dinasti ia hafal di luar kepala. Ia juga sosok yang humoris, mudah dicerna.#tamam

News Feed