by

Secara Panel : Rektor dan Wakilnya Kenalkan Kampus

SAMARINDA, NEWS IAIN- Pasca dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Samarinda, prosesi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dilanjutkan dengan brandstorming tentang kampus IAIN Samarinda oleh Rektor dan tiga wakilnya, Senin siang, 19/08/2019.

“Sebagaimana tujuan PBAK maka diharapkan Mahasiswa-Mahasiswi baru nantinya dapat mengenal lebih dekat tentang lingkungan kampusnya masing-masing,” ujar Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd mengawali materinya.

Rektor menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi seperti IAIN Samarinda merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Agama seperti termasuk Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Universitas Islam Negeri (IAIN). Secara umum dihadapan ribuan mahasiswa Rektor menyebut bahwa IAIN Samarinda dari tahun ke tahun harus punya progress nyata yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Termasuk proses perjuangan yang tengah dilakukannya untuk alih status menuju UIN Kaltim.

Materi selanjutnya disampaikan Dr. Muhammad Nasir, M. Ag. Selaku Wakil Rektor 1 bidang Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga. Dalam materinya WR1  menyampaikan point penting kepada Mahasiswa-Mahasiswi agar nantinya bisa menyelesaikan kuliahnya selama  4 tahun bahkan bisa lebih cepat.

“Menyelesaikan kuliah juga tergantung amal ibadah masing-masing, alias tergantung usaha setiap mahasiswa. Ada mahasiswa yang sampai 6-7 tahun baru bisa selesai, namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa bisa menyelesaikan kuliahnya hanya 3 tahun lebih saja,” kata Dr. Muhammad Nasir, M. Ag

Berikutnya Wakil Rektor II Dr. Zurqoni, M. Ag Bidang Administrasi dan Perencanaan keauangan menyampaikan terkait Uang Kuliah Tunggal-Biaya Kuliah Tunggal (UKT/BKT). Menurutnya UKT yang diterapkan oleh IAIN Samarinda telah sesuai dengan amanah peraturan dan perundangan.

‘UKT merupakan uang kuliah tunggal yang wajib dibayar setiap mahasiswa disetiap semesternya sedangkan BKT merupakan Keseluruhan biaya kuliah seorang mahasiswa selama dia kuliah dari semester 1 hinggan lulus nantinya,’ujarnya.

Setelahnya ada Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Abzar D, M.Ag. menyampaikan tentang prestasi gemilang mahasiswa IAIN Samarinda di berbagai event baik nasional maupun internasional.#idris

News Feed