by

Sekolah Keberagaman Rawat Keragaman Kaum Milenial Kaltim

SAMARINDA, IAIN NEWS,-Indonesia terdiri dari berbagai ras, suku dan agama. Perbedaan ini sering dijadikan alasan untuk menimbulkan pergesekan.

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Samarinda bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim hadir menjembatani segala perbedaan melalui pendekatan dialogis antar kaum milenial pemeluk agama di Kalimantan Timur agar hidup tentram, rukun dan damai melalui Sekolah Keberagaman, Sabtu (31/8/2019) di Hotel Manau Samarinda.

Sekolah ini diikuti kaum milenial dari berbagai latar belakang agama yang berbeda.

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd melalui Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan, Kerjasama dan alumni Dr. H.M. Abzar D, M.Ag mengatakan kegiatan ini sangat relevan dengan program Kementerian Agama RI, dimana pada tahun 2019 ini Kementerian Agama memiliki misi pengembangan Moderasi Beragama.

“Moderasi beragama tersebut tentunya bukan saja ada dalam Islam, tetapi semua agama tentu bisa mewujudkan moderasi beragama. Salah satu ikhtiar untuk mewujudkan program tesebut melalui sekolah Keberagaman yang nantinya diisi dengan dialog antara pemuda umat beragama,” tuturnya.

Diketahui dialog sekolah keberagaman dikemas dalam bentuk saling mengenalkan dan saling memahami realitas sosial yang ada pada agama masing-masing. Hal ini bertujuan akan mewujud dalam kesepahaman yang sama yakni penguatan pada  tujuan internal semua agama yang bermuara pada kehidupan yang damai, aman dan harmonis sebagaimana yang menjadi cita-cita luhur sebuah agama.

Dr. H.M. Abzar D, M.Ag secara khusus menyampaikan apresiasinya dari Lembaga kepada FUAD dan FKUB selaku inisiator Sekolah Keberagaman.#

News Feed