by

Haflah Iftitah, Program Ma’had Al-Jami’ah Resmi dimulai

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Ma’had Al Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengadakan acara Haflah Iftitah dalam rangka pembuatan kegiatan program kepesantrenan bagi seluruh mahasiswa baru. Acara ini berlangsung di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 IAIN Samarinda Jalan HAM Rifaddin Loajanan Ilir, Kamis 05/09/2019 dengan tema mengantarkan Mahasiswa kepada pemantapan akidah akhlak mulia, amal shaleh dan pengembangan ilmu keislaman.

Dalam sambutannya Ustadz Moh. Nasrun, M.Pd.I. selaku direktur Ma’had Al Jami’ah IAIN Samarinda berharap agar pelaksanaan program Ma’had Al Jami’ah 2019 nantinya Mahasantri mampu menjalankan tugasnya dengan baik yakni dengan capaian standar yang telah ditentukan.

“Setelah resmi dibuka nanti maka mulai besok Jumat 06/09/2019 kegiatan Ma’had Al Jami’ah kita sudah mulai kegiatan, oleh karena itu semoga mahasantri mampu melaksanakan program Ma’had hingga akhir dengan capaian standar yang telah ditentukan oleh pihak Ma’had Al Jami’ah” tutur Ustadz Moh. Nasrun, M.Pd.I.

Beliau juga menyampaikan bahwa pihak Ma’had Al Jami’ah juga telah melakukan tes kemampuan baca Al-Qur’an pada 1.613 Mahasantri dengan nilai yang berbeda, di antaranya sebanyak 53 orang dinyatakan lulus dengan nilai A, nilai B sebanyak 239 Orang, nilai C sebanyak 240 orang, nilai D sebanyak 579 orang, nilai E sebanyak 154 orang, nilai F sebanyak 1 orang serta168 mahasantri tidak hadir saat tes kemampuan baca Al-Qur’an.

“Dan alhamdulilah minggu lalu kita telah melakukan tes baca Al-Qur’an dengan jumlah 1.614 Mahasantri, sebanyak 53 orang dinyatakan lulus dengan nilai A, nilai B sebanyak 239 Orang, nilai C sebanyak 240 orang, nilai D sebanyak 579 orang, nilai E sebanyak 154 orang, nilai F sebanyak 1 orang serta 168 mahasantri tidak hadir saat tes kemampuan baca Al-Qur’an, Oleh karena itu kami diharap bagi yang belum tes agar segera menghubungi pihak Ma’had Al Jami’ah” terang Direktur Ma’had Al Jami’ah IAIN Samarinda saat memberikan sambutan.

Sementara itu Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. selaku Rektor IAIN Samarinda melalui Dr. M. Nasir, M.Ag. selaku Wakil Rektor 1 IAIN Samarinda Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menyampaikan agar tetap mengedepankan adab dalam menuntut ilmu termasuk menghormati para ustadz dan ustadzah yang akan membimbing nanti di Ma’had Al Jami’ah IAIN Samarinda beserta para Dosennya dan tidak meninggalkan sholat 5 waktu.
“Tetap kedepankan adab, menghormati para ustadz dan ustadzahnya yang akan membimbing nanti serta jangan pernah meninggalkan sholat” pesan Dr. M. Nasir, M.Ag. saat memberikan sambutan.
Selain itu, beliau juga berharap agar Mahasantri dapat memanfaatkan waktu semasa kuliahnya untuk fokus belajar agar menjadi generasi yang berguna bagi Bangsa dan Agama
“Manfaatkan waktu sebaik mungkin di masa kuliah untuk fokus belajar agar menjadi generasi yang berguna bagi Bangsa dan Agama” tutup Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga. #id/humasiaiansmd

News Feed