by

Puluhan Dosen PBA Siap Bumikan Bahasa Arab

YOGYAKARTA, IAIN NEWS,- Puluhan dosen Pendidikan Bahasa Arab dalam forum Seminar Nasional Pendidikan kembali mengukuhkan diri dan siap membumikan Bahasa Arab di bumi nusantara dengan jalan mengimplementasi kurikulum KKNI dan mengembangkan jurnal berbasis Bahasa Arab di PTKIN.

Seminar nasional ini diikuti oleh beberapa perwakilan PTKIN dari seluruh Indonesia. Dari IAIN Samarinda sendiri diwakili oleh Luluk Humaira Pimada, M.Pd.

Menurutnya seminar ini guna membekali diri dan Prodi dalam menyongsong era akreditasi APT 4.0 yang berfokus pada 9 standar sebagai poin penting yang harus dipersiapkan oleh seluruh unsur pengelola instansi.

“Pertemuan kali ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA). PP PBA sendiri menjadi salah satu wadah bagi seluruh jajaran pengelola program studi di PTKI/PTKIN/PTU untuk saling memberikan informasi, wawasan, pengetahun, serta berbagi pengalaman untuk mempererat ukhuwah islamiah seluruh pejuang-pejuang Bahasa Arab yang di tanah Nusantara,”ujarnya.

Dari penuturannya dapat diperoleh informasi bahwa melalui forum ini juga dibentuk kepengurusan untuk mengembangkan penelitian yang dimiliki oleh para dosen pendidikan Bahasa Arab.

“Alhamdulillah juga dibentuk pengurus untuk mengkoordinatori pengelola jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Diketahui setidaknya 7 perwakilan dari beberapa jurnal yang telah terakreditasi sinta tergabung dalam penggerak jurnal diantaranya jurnal arabiyat, arabi, al-bayan, ijaz arabi, lisania, lisanul arab, dan beberapa jurnal lainnya yg bergerak di bidang pendidikan bahasa arab,” sebutnya.

Pertemuan ini juga membahas beberapa contoh kurikulum yang dijadikan rujukan sebagai bentuk standarisasi kurikulum berbasis KKNI.#

News Feed