by

DEMA IAIN Samarinda Resmikan Bank Sampah Syariah (BSS)

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Kepedulian Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda terhadap kebersihan lingkungan kembali dibuktikan. Pasalnya sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Kemahasiswaan yakni Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut resmi membentuk Bank Sampah Syariah (BSS). Minggu 17/11/19 bertempat di Aula Rektorat lantai 3 IAIN Samarinda.

Usamah Ahmad Syahid, Wakil Ketua Dema IAIN Samarinda kepada Humas IAIN Samarinda mengatakan terbentuknya BSS tersebut berangkat dari keprihatinan terhadap kebersihan lingkungan dan kurangnya wadah masyarakat dalam pengelolaan sampah. Bagi Usamah Sampah adalah masalah yang harus difikirkan bagi kaum mudah millenial dan hal tersebut merupakan masalah yang selalu dibicarakan baik di Indonesia maupun negara lainnya, karena hampir semua kota menghadapi masalah pengelolaan sampah.

“Dasar berdirinya Bank Sampah Syariah ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kebersihan lingkungan”

Usamah juga menjelaskan Bank Sampah Syariah bekerja dengan sistem saling bekerjasama antar anggota dalam mengumpulkan sampah plastik oleh seorang nasabah yang kemudian dijual pada pengelola barang bekas.

“Jadi tata cara kerja BSS ini nantinya nasabah mengumpulkan barang bekas untuk dicatat kemudian dijual pada pengelola sampah”.

Ia juga berharap dengan adanya BSS ini mampu memberikan contoh kepada Mahasiswa dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan

“Harapan kami dengan adanya BSS ini teman-teman Mahasiswa dan masyarakat dapat bersama-sama saling menjaga kebersihan lingkungan” Tutup Usamah. #id/humasiainsmd

News Feed