by

48 Mahasiswa PPG LPTK IAIN Samarinda Ikuti Uji Pengetahuan Dengan Khidmat

SAMARINDA. IAIN NEWS. -Sebanyak 48 orang peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK IAIN Samarinda, mengikuti Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP UKMPPG) di kampus II IAIN Samarinda Jl. H.A.M. Riffadin Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Sabtu 23 November 2019

Peserta ujian merupakan mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daring) yang telah mengikuti serangkaian proses dan kegiatan selama dua semester di LPTK IAIN Samarinda hingga saat ini mengikuti Uji Pengetahuan (UP UKMPPG).

UP UKMPPG merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh peserta PPG untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan menjadi guru yang profesional.

Pelaksanaan UP UKMPPG bertempat di Laboratorium Komputer TIPD IAIN Samarinda. UP UKMPPG dilaksanakan selama satu hari yang dibagi menjadi dua sesi. Setiap sesi diberikan waktu 180 menit untuk menjawab soal-soal sesuai dengan bidang studi peserta. Kategori soal yang diuji adalah uji kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dengan kuantitas 120 soal tentang Kompetensi pedagogik dan Profesional, serta 20 soal tentang Kompetensi Kepribadian dan Sosial.

Setelah pelaksanaan Sesi  selesai, peserta, pengawas, penanggung jawab ruang (PJR) dan panitia diwajibkan mengisi instrument monev secara online. Kemudian beberapa perwakilan dari peserta diminta untuk menjadi narasumber dalam sesi wawancara dengan penyelia terkait pelaksanaan UP UKMPPG.

Ibu Hj. Ety Nurbayani, M.Ag. mengatakan, pelaksanaan UP UKMPPG di IAIN Samarinda yang diselenggarakan serentak secara nasional ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti Untuk itulah, ia menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan UP UKMPPG ini.

“Semoga keharmonisan dan kerjasama yang baik ini bisa terjalin pada pelaksanaan UP UKMPPG periode berikutnya,” ujarnya.

Turut hadir untuk memantau serta memastikan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan ujian ini, Dekan FTIK, Dr. M. Eka Mahmud, M.Ag. bersama Penyelia ibu Dr. Muflihah dari Panitia Nasional UKMPPG. #kh/humasiainsmd

News Feed