by

Profil Ma’had Al-jami’ah (Pesantren Kampus) IAIN Samarinda

-Berita-142 views

Sebagai sebuah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  (PTKIN) di Kalimantan timur Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Samainda memegang tanggung jawab penuh dalam rangka mencetak lulusannya menjadi sarjana-sarjana yang religius dan berintelektualitas. Dan pintu gerbang mencapai predikat tersebut tentunya adalah penguasaan dan pendalaman ilmu ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan sesuai pilihan prodi dan jurusan masing masing serta penguasaan Bahasa Asing yaitu Bahasa Arab Dan Inggris agar mereka nantinya mampu meraih prestasi yang membanggakan tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional.

Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd | Rektor IAIN Samarinda
Moh. Nasrun, M.Pd | Direktur Ma’had Al-Jami’ah

Oleh karena itu IAIN Samarinda memandang perlu adanya sebuah lembaga yang dipercaya mampu untuk melaksanakan program unggulan yang bertujuan membekali mahasantri dan mahasiswa dengan ilmu keislaman dan juga ketrampilan Berbahasa Asing yang mumpuni agar kelak para lulusannya mampu dan layak menyandang predikat sarjana sekaligus ulama’ yang memiliki Spiritualitas,Intelektualitas Dan Profesionalitas yang Unggul. Maka dibentuklah Ma’had Al-jami’ah ( Pesantren Kampus ) Yang diharapkan mampu mengelola serta melaksanakan program program kepesantrenan yang wajib dikuti seluruh Mahasiswa baru IAIN Samarinda selama satu tahun atau dua semester yaitu di semester 1 dan 2

Dr. M. Nasir, M.Ag | Wakil Rektor 1 IAIN Samarinda
Bersama Pengelola Ma’had Al-Jami’ah

Adapun Program Ma’had Al-jami’ah sebagai berikut:

  1. Ta’lim Afkar (Kajian kitab kitab kuning Tematik)
  2. Tahsin Al-Quran
  3. Tahfidz Al Quan 30 Juz
  4. Hafalan Surah Surah Lazim Dan Doa Doa Harian
  5. Latihan Muhadhoroh 3 Bahasa
  6. Latihan Tilawah Al-quran
  7. Pelatihan Fardhu Kifayah
  8. Pelatihan Petugas Jum’at
  9. Pelatihan Imam Rawatib Dan Imam Tarawih
  10. Pelatihan Bahasa Arab Inggris Yaumiyah
  11. Istghotsah Kubra Dan Doa Bersama

Program program diatas semuanya dapat dilaksanakan bagi seluruh mahasantri yang menetap di asrama adapun bagi mahasantri yang tinggal diluar asrama hanya diwajibkan mengikuti Program program dasar yang sangat penting untuk membekali pengetahuan keislaman dan penguasaan Bahasa Asing mereka.

Hal itu terpaksa dilakukan karena masih terbatasnya daya tampung Asrama Ma’had yang hanya mampu menampung sekitar 20 persen dari jumlah mahasiswa yang ada.

Dan oleh itu harapannya kedepan pemerintah akan memberikan perhatian lebih dalam hal  tersebut seperti memberi bantuan penambahan gedung asrama agar program program kema’hadan bisa terlaksana dengan lebih maksimal lagi. #Pengelola Ma’had

Asrama Putri
Asrama Putra
Masjid Sultan Sulaiman Kampus 2 IAIN Samarinda
Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah
Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah

   

News Feed