by

Undang Madrasah dan Sekolah, IAIN Samarinda Gelar Sosialisasi SPAN-PTKIN 2020

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2020 kini telah dibuka. IAIN Samarinda yang merupakan satu satunya PTKIN di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara hari ini (9/1/20) mengundang perwakilan sekolah SMA/MA/SMK sederajat yang ada di samarinda dalam rangka memberikan informasi secara mendetail kepada masyarakat terutama kepada pihak sekolah tentang pedoman penerimaan Mahasiswa Baru di IAIN Samarinda.

Dibuka langsung oleh Dr. M. Nasir, M.Ag selaku Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga beliau menjelaskan bahwa SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Setidaknya ada dua keilmuan yang ditawarkan yakni kegamaan dan Ilmu yang sifatnya umum.

“SPAN-PTKIN ini merupakan jalur Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang nantinya sekolah dapat melakukan pendaftaran dengan pengisian PDSS dari 6 hingga 31 Januari 2020”. Kata beliau saat membuka sosialiasi di hadapan 55 SMA, MA dan sederajat bertempat di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 IAIN Samarinda.

Senada dengan itu, Dalam tutorialnya Sugiyono, M.Kom selaku kepala Teknologi Informasi dan Pangakalan Data (TIPD) IAIN Samarinda memberikan penjelasan mendetail terkait hal-hal yang harus dilakukan oleh pihak sekolah agar bisa mengikutkan peserta didiknya pada program nasional oleh pemerintah di Kementerian Agama.

“Dalam hal ini kami membimbing secara teknis dalam pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selain akan membantu pihak sekolah memperoleh informasi terkait tatacara teknis pengisian PDSS, hal ini akan berdampak pada peserta didik untuk bisa masuk pada perguruan tinggi yang diimpikannya,” terang Sugiyono, M.Kom.

“Jadwal SPAN-PTKIN dimulai dari pengisian (PDSS) oleh pihak sekolah, dari tanggal 6 sampai 31 Januari 2020, dilanjutkan tahapan pendaftaran tanggal 3 sampai 28 Februari 2020, Tahapan seleksi tanggal 2 sampai 20 Maret 2020 dan Pengumuman Hasil Seleksi 10 April 2020”. Tambahnya saat memberikan penjelasan teknis di Auditorium 22 Dzulhijjah IAIN Samarinda.#Humas

News Feed