by

Tim Sosialisasi PMB IAIN Samarinda Sambangi SLTA di Beberapa Wilayah Kaltimtara

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Tim sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Bergerak keberbagai Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sejak dibukanya pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) yakni tanggal 06 Januari 2020.

Sosialisasi ditujukan bagi siswa-siswi kelas XII MA/Pesantren/SMA dan sederajatnya dengan tujuan untuk memberikan informasi langsung terkait dengan Kampus IAIN Samarinda

Adapun materi yang disampaikan oleh para tim sosialisasi adalah beberapa jalur pendaftaran di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) termasuk IAIN Samarinda. Beberapa jalur yang dimaksud yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan Ujian Masuk Mandiri (UMAN-PTKIN)
Selain itu tim sosialisasi juga mengenalkan beberapa Fakultas dan Program Studi yang terdapat di IAIN Samarinda diantaranya:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan Program Studi yakni Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Fakultas Syariah dengan Program Studi yakni Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum keluarga Ahwal Al-Syaksiyah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah

Pascasarjana dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Hukum Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini dan Ekonomi Syariah.

“Tujuan dilakukannya Sosialiasi ini adalah untuk mengajak generasi muda melanjutkan kuliah di IAIN Samarinda, maka kita coba bentuk tim sosialisasi yang akan terbagi dibeberapa daerah di Kalimantan Timur”. Kata Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. saat memberikan pengarahan kepada tim sosialisasi di Aula Rektorat Lantai 3 Kampus 2 IAIN Samarinda, Senin, (13/1/20).

Sementara itu, Bahrani, M.Pd. yang merupakan tim sosialisasi Kabupaten Kutai Kartanegara menjelaskan beberapa tahapan teknis pelaksanaan penerimaan Mahasiswa Baru yakni:

“SPAN-PTKIN dimulai dari pengisian (PDSS) oleh pihak sekolah, dari tanggal 6 sampai 31 Januari 2020, dilanjutkan tahapan pendaftaran tanggal 3 sampai 28 Februari 2020, Tahapan seleksi tanggal 2 sampai 20 Maret 2020 dan Pengumuman Hasil Seleksi 10 April 2020

UM-PTKIN dimulai dengan pendaftaran 15 April hingga 29 Mei 2020 dan tes pada tanggal 15 hingga 24 Juni 2020.

UMAN-IAIN Samarinda Pendaftaran 03 hingga 13 Juli 2020 dan tes pada tanggal 17 Juli 2020″. Jelas beliau dihadapan para siswa dibeberapa sekolah bagian Tanah Hulu Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selain itu, di tempat berbeda Muhammad Basit, M.Pd Juga menjelaskan keunggulan kuliah di IAIN Samarinda. Sebab Kampus yang mempunyai latar belakang keagamaan ini tentu sudah disiapkan program Ma’had Al-Jami’ah khusus pembinaan keagamaan sebagaimana pada pondok pesantren.

“IAIN Samarinda ini merupakan kampus yang berlatar belakang kegamaan. Jadi tentu sudah disiapkan program Ma’had Al-Jami’ah dan asrama putra putri dalam rangka pembinaan spritual kepada seluruh Mahasiswanya”. Ujar beliau saat mempresentasikan tentang IAIN Samarinda dihadapan siswa dibeberapa sekolah di Daerah Pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (12/1/20).#idris

News Feed