by

Demi Mewujudkan Kampus yang Unggul LPM adakan Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI)

Samarinda, IAIN NEWS, Rabu 29 Januari 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menggelar Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Samarinda Tahun 2020 menghadirkan Narasumber Auditor Pelatih dari UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta Muh. Abrori, M.Kom.

Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi.

Acara ini dilaksanakan selama 2 hari sampai dengan tanggal 30 Januari 2020. Dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. M. Nasir, M.Ag., didampingi oleh Ketua LPM Dr. Nur Kholik Affandi, M.Pd. Dihadiri sebanyak 50 peserta diantaranya, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Bagian, Kajur, Sekjur, Kaprodi dan Sekprodi, Ketua LP2M, Sekretaris LP2M, Kepala TIPD, Sekretaris TIPD, Kepala SPI, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubag Kemahasiswaan, Alumni dan kerjasama, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M, Dosen Tetap PNS dan non PNS serta Tenaga Kependidikan di lingkungan IAIN Samarinda.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. M. Nasir, M.Ag., sangat mengapresiasi kegiatan AMI ini dan sangat berharap kedepan akan muncul auditor handal dan profesional di lingkungan IAIN Samarinda dalam meningkatkan mutu di masing-masing Program Studi. “Audit mutu di dalam lembaga IAIN masih lemah dan kurang kuat, hal ini menjadi sangat urgent bagi kita semua, pelatihan hari ini agar bisa menghasilkan Auditor yang handal, cerdas pintar dan berkompeten di lingkungan IAIN Samarinda menuju akreditasi berikutnya” Jelas WR I dalam sambutan mewakili Rektor IAIN Samarinda.

Narasumber M. Abrori, M.Ag., menerangkan menjadi auditor harus mempelajari pedoman bagi Auditor serta menyamakan persepsi dan pemikiran sesuai dengan Permendikbud No 5 tahun 2020. Peran sebagai Auditor sangat penting sekali dan perlu dibudayakan di Internal IAIN Samarinda Bahwa audit itu bukan mencari kesalahan, tetapi mencari profesional Penjaminan Mutu, sehingga menjadi motivasi dan catatan bagi Audity. Jelas beliau dalam penyampaian Materi.#im/humasiainsmd

News Feed