by

Gelar Studium General, IAIN Samarinda Tingkatkan Standar Pembelajaran

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menggelar Studium General dengan tema “Standar Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi” yang dihadiri oleh seluruh Dosen Tetap maupun Dosen Luar Biasa, Kamis (30/1/2020) di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 Jl. H.A.M Rifaddin Loajanan Ilir Samarinda.

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd., melalui Wakil Rektor 2 Prof. Dr. Zurqoni, M.Pd., dalam sambutannya beliau mengatakan proses bertransformasinya IAIN menjadi UIN akan berimplikasi pada proses pembelajaran. Oleh karena itu harapan beliau nantinya para dosen mampu berkarya dan mengabdi pada IAIN Samarinda dengan menerapkan proses pembelajaran kurikulum berbasis kompotensi.

“Dengan bertransformasinya IAIN menjadi UIN Samarinda tentu akan berimplikasi pada proses pembelajaran kita. Oleh karena itu diharapkan semua dosen nantinya mampu berkarya dan mengabdi pada lembaga IAIN Samarinda”. Harapan beliau

“Dosen harus mampu menerapkan Pembelajaran yang mengikuti perkembanngan zaman dengan berbasis IT Learning”. Tambahnya

Sementara itu Dr. Sudarman, M.Pd., dalam pemaparan materinya menyampaikan seorang dosen harus mempunyai keterampilan di dalam kelas termasuk berfikir kritis sehingga mampu membaca setiap masalah.

Selain itu, beliau juga menyampaikan setidaknya ada empat tips penerapan pedekatan system Heutagogy yakni kontrak perkuliahan dengan kesepatan bersama mahasiswa, kurikulum fleksibel dengan rancangan sesuai kebutuhan mahasiswa, penilaian fleksibel sesuai yang diinginkan mahasiswa, collaborative learning kolabrasi dari ragam model dan modalitas belajar mahasiswa.

“Ada 4 penerapan sistem Heutagogy yakni kontrak belajar bersama dengan mahasiswa, kurikulum dan penilaian yang fleksibel serta kolaborasi ragam model belajar”. Jelas Dr. Sudirman, M.Pd. “Ruang belajar zaman sekarang tidak hanya berada didalam kelas saja, akan tetapi bisa melalui tatap maya, misalnya melalui audio, video, dan website. Itulah sebebnya kita membutuhkan pembelajaran sistem IT“. Tambah beliau

Selain itu Dr. M. Nasir, M.Ag, juga turut menyampaikan beberapa SOP Perkuliahan diantaranya membuka perkuliahan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Dosen atau Mahasiswa kemudian dilanjutkan mengaji bersama, penguatan karakter nasionalisme, mengisi jurnal perkuliahan dan absensi barcode serta appersepsi menyampaikan sub capaian pembelajaran mata kuliah.

News Feed