by

KNKS Gandeng Mahasiswa FEBI Tingkatkan Kompotensi dan Skill di Jakarta

-Mahasiswa-141 views

JAKARTA, IAIN NEWS,- , Nur Nicken Antarristy (Perbankan Syariah) merupakan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mendapatkan kesempatan mengikuti magang dalam rangka peningkatan kompotensi dan Skill dalam bekerja yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS, Kamis 6/02/2020.

Setidaknya ada tiga mahasiswa magang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berkesempatan magang secara langsung dibawah naungan Direktorat bidang Pendidikan dan Riset. Diantaranya, Nur Nicken Antarristy (Perbankan Syariah, IAIN Samarinda), Sandika Passadini (Ekonomi Islam, Universitas Airlangga), dan Halimah (Ekonomi Syariah, Universitas Gunadarma).

Mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran lifelong learning skill dan soft-skill, serta dapat melatih kerja sama tim.

“Kegiatan magang bagi mahasiswa merupakan program yang sangat penting guna mendukung implementasi dari teori-teori yang diajarkan di kuliah terhadap kenyataan dunia kerja yang sesungguhnya,” ujar Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah.

“Mahasiswa magang juga dapat berinteraksi dengan para pelaku industri halal, industri keuangan syariah, maupun pendidikan, yang mana dengan interaksi itu, dapat membentuk skill yang dibutuhkan dalam dunia industri,” lanjut Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah (KNKS) itu (Kamis, 6/2/20).

Kegiatan magang ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Mahasiswa akan memiliki kesempatan bekerja dan meningkatkan kompetensi dirinya. Sedangkan, KNKS akan sangat terbantu dengan talenta yang dimiliki mahasiswa tersebut. Selain itu pula mendukung Kebijakan Merdeka Belajar “Kampus Merdeka” yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Salah satunya adalah merubah definisi SKS sebagai “jam kegiatan” seperti kegiatan magang/praktik kerja.

“Saya berharap semoga mahasiswa yang magang di KNKS ini, mendapatkan manfaat yaitu dengan belajar skill-skill yang dibutuhkan di dunia kerja sebenarnya. Kami juga ingin dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat menerapkan kebijakan kampus merdeka yang digadangkan oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI,” tambah Sutan Emir Hidayat.

Ungkap juga harapan dari salah satu mahasiswa yang sedang magang di KNKS,

“Dengan magang di KNKS ini saya berharap dapat mengetahui bagaimana sistem kerja di KNKS terkait dengan pengembangan ekonomi syariah, dapat mempraktikkan teori yang saya dapatkan dari proses perkuliahan dan juga dapat memperoleh pengalaman kerja secara langsung yang dapat digunakan sebagai bekal ketika terjun dalam dunia kerja,” pungkas Nicken.#AnnissaPermata

News Feed