by

Peduli Sesama Korban Covid-19; Oleh Organisasi Mahasiswa (OrMawa) Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Samarinda

-Mahasiswa-570 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Senin, (13/04/2020) Fakultas Syariah (FASYA) merupakan salah satu Fakultas yang ada di IAIN Samarinda. Memiliki 3 (tiga) Program studi yang telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). FASYA sebagai salah satu Fakultas yang ikut terdampak Covid-19 harus melakukan pembelajaran dan bimbingan mahasiswa secara daring (online) . Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap keputusan pemerintah sekaligus sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau Virus Corona. Selain itu, pembelajaran dan bimbingan secara daring (online) juga merupakan arahan Rektor IAIN Samarinda untuk melaksanakan kegiatan secara daring (online) selama berlangsungnya Pandemi Covid-19.

Melihat banyaknya masyarakat yang terdampak Covid-19,  maka Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Syariah IAIN Samarinda berinisiatif menggalang dana dengan tujuan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Kegiatan “galang dana” tersebut telah dimulai sejak 30 Maret 2020.

“Alhamdulillah kegiatan Galang Dana” yang dilakukan oleh Dema FASYA bekerja sama dengan seluruh Ormawa FASYA banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak, antara lain Pimpinan FASYA, Dosen, Mahasiswa bahkan Orang Tua Mahasiswa. Lapor Ramadhani salah satu pengurus Ormawa FASYA.

Donasi yang terkumpul disampaikan secara transparan oleh pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FASYA selaku penggerak kegiatan “peduli sesama”. Melalui akun instagramnya @demafasyaiainsamarinda mereka menyampaikan laporan pengumpulan dana, dan penyaluran dana berupa paket sembako. “Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donasi ini. Semoga kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT., dan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkannya. Terima kasih kepada divisi sosial masyarakat dan seluruh pengurus Ormawa FASYA yang telah ikut mendukung kegiatan ini”. ujar Nur Fuji selaku Ketua Dema FASYA melalui laman instagramnya.

Bantuan donasi ini rencananya akan disalurkan dalam bentuk  sembako yang terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 2 kg, mie instan, sabun mandi dan juga masker. Sebanyak 25 paket sembako dibagikan kepada warga masyarakat yang tidak mampu atas rekomendasi Ketua RT setempat. Adapun lokasi pembagian sembako ini dilakukan di sekitar Kecamatan Samarinda Seberang yaitu di Loa Janan, Simpang Pasir dan jalan Bung Tomo.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda Bapak Dr. Bambang Iswanto. M.H.,  sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan dukungan dan pesan agar mahasiswa tetap menjaga protokol kesehatan dalam penyaluran bantuan tersebut “kegiatan sosial seperti ini harus kita dukung dan apresiasi”. Mahasiswa juga harus tetap diarahkan untuk menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petunjuk kesehatan.”

Penyaluran bantuan sembako tersebut dilakukan oleh perwakilan Ormawa FASYA dari Sema, Dema dan HMJ Fakultas Syariah didampingi RT setempat dan Perwakilan Remaja Karang Taruna.

Semoga gerakan peduli sesama ini dapat mendatangkan keberkahan bagi yang telah berdonasi dan manfaat bagi yang mendapatkan, dengan harapan agar pandemi Covid-19 cepat dapat diatasi. Agar semua kegiatan dan pembelajaran di IAIN Samarinda khususnya dapat kembali normal dan berjalan  dengan baik serta sesuai yang diharapkan bersama.(Maisya)

News Feed