by

Ketua HMJ FEBI Ajak Remaja Asah Bakat Wirausaha Lewat Tepian TV

-Kegiatan-161 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Melalui program “Tausiyah Agama” di tepian TV (20/4/2020), ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Syaid Fahmi Amien mengajak kepada remaja untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam berwirausaha. Disamping wirausaha merupakan profesi yang mulia, wirausaha juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Selain itu wirausaha juga merupakan aktivitas yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. sejak masih muda.

“Penting bagi kita sebagai remaja untuk mengembangkan bakat dalam berwirausaha, apalagi wirausaha ini merupakan pekerjaan yang pernah dijalankan oleh Rasulullah SAW. ketika Beliau masih remaja”. Pungkasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kemandirian adalah prinsip yang harus dipegang oleh kaum millenial. Prinsip kemandirian yang ia maksud adalah bagaimana remaja harus punya keterampilan membaca peluang dan tantangan, kemudian memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang dapat menjadikan mereka tidak selalu bergantung pada kedua orang tua.

“Kita harus belajar membaca peluang dan tantangan yang dibutuhkan masyarakat, karena di atas pundak para remaja lah beban kehidupan ke depan diletakkan. Untuk itu kemandirian harus menjadi pegangan kita agar tidak selalu bergantung kepada orang tua kedepannya”. Ajak Ketua HMJ Ekonomi Syariah FEBI IAIN Samarinda itu.

Selain itu ada beberapa faktor yang dapat mengantarkan seseorang sukses dalam berwirausaha diantaranya adalah dukungan dari keluarga, kreativitas dan jeli melihat peluang bisnis di masyarakat, menjadikan wirausaha sebagai hobi, rajin belajar dari pengusaha yang telah sukses.#humasiain

News Feed