by

Maisyarah Rahmi, Lc., M.A., Ph.D.: Peran Maksimal Perempuan Pada Bulan Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Bulan Ramadhan yang kebetulan berbarengan dengan pandemi Covid-19, menyebabkan peran perempuan (istri) dalam keluarga menjadi meningkat secara signifikan. Pasalnya dalam keluarga, dialah yang selalu mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari buka puasa, makan sahur, belanja kebutuhan dapur sampai mendampingi anak belajar sekolah dari rumah.

Selain itu, perempuan juga mempunyai tugas bagi dirinya untuk tetap menjaga kondisi tubuhnya agar selalu sehat (fit). Supaya kondisi keluarganya selalu bahagia. Jika ada orang yang tidak boleh sakit di dalam keluarga dialah perempuan (istri), jika ada orang yang tidak boleh capek dalam keluarga dialah perempuan (istri). Jika perempuan (istri) sakit bisa dipastikan seluruh anggota keluarga juga merasakan sakit.

Hal ini dijelaskan oleh salah satu Dosen Fakultas Syariah IAIN Samarinda, Maisyarah Rahmi, Lc., M.A., Ph.D., dalam program Umpat Betakun Islamic Center Provinsi Kalimantan Timur dengan tema Peran Wanita dalam Mengoptimalkan Aktivitas Ramadhan di Tengah Pandemi. Selasa (5/5/2020).

Lebih lanjut, beliau juga mengatakan bahwa seorang perempuan juga harus mengedepankan positif thinking. Dengan pikiran positif tersebut seseorang akan merasa bahagia, sabar dan tenang dalam menghadapi social distancing, physical distancing dan PSBB pada bulan ramadhan kali ini.

“Kita harus senantiasa berpikir positif dengan keterbatasan saat ini, karena dengan dengan berpikir positif, kita akan merasa sabar dan tenang dalam menghadapi social distancing, physical distancing dan PSBB ditengah pandemi yang bertepatan dengan Ramadhan kali ini. Insyaallah dengan modal kesabaran tersebut dapat mendatangkan rasa kasih sayang Allah SWT kepada hambaNya”. Paparnya.

Maisyarah Rahmi, Lc., M.A., Ph.D., juga menuturkan dengan di rumah saja seorang perempuan (istri) berkesempatan untuk menjadi guru bagi para anak-anaknya.#humasiainsmd.

News Feed