by

Dr. H. M. Mahrus, S. Ag., M.H.I.: Ramadhan, Lebaran dan Kemanusiaan

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dr. H. Moh. Mahrus, S.Ag., M.H.I., kembali berkesempatan menyampaikan Tausiyah Agama melalui saluran TVRI Kalimantan Timur yang bertemakan Ramadhan, Lebaran dan Kemanusiaan, Kamis (21/5/2020)

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan wujud dari perintah Allah SWT kepada hambaNya yang wajib untuk ditunaikan, Kewajiban tersebut membawa kemaslahatan untuk kemanusiaan”. Demikian tutur Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Samarinda itu.

Lebih lanjut, H. Moh. Mahrus menegaskan wujud dari kemaslahatan itu berupa aspek kesehatan secara medis, sebab dalam berpuasa terdapat nuansa kesehatan, selain itu, menurutnya, puasa juga mampu mendidik seseorang untuk senantiasa bersabar.

“Nah wujud dari kemaslahatan itu bisa berupa kesehatan, karena orang berpuasa itu terdapat nuansa kesehatan secara medis bagi yang menjalankannya, selain itu puasa juga mengajarkan kita untuk senantiasa bersabar mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Karena dengan sabar tersebut dapat berdampak pada kemanusiaan”. Paparnya.

Selain itu, beliau katakan ending daripada puasa di bulan Ramadhan bagi orang yang beriman adalah mendapatkan nilai Ketakwaan dan kemuliaan dihadapan Allah SWT.

“Ending daripada puasa Ramadhan ini adalah menjadikan seseorang bertakwa kepada Allah sehingga ada nilai kemuliaan dihadapanNya, maka wujud dari ketakwaan itu adalah seseorang senantiasa merasa takut untuk bermaksiat, sebab ia merasa diawasi oleh Allah SWT”.#humasiainsmd

News Feed