by

Rumah Jurnal IAIN Samarinda Sukses Gelar Bincang Online Penulisan Artikel Ilmiah Di Tengah Pandemi Covid-19

-AKADEMIA-512 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Pandemi Covid-19 bukan kendala bagi para akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda untuk terus produktif dalam berkarya. Hal ini dibuktikan oleh Rumah Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Samarinda dengan sukses menyelenggarakan kegiatan “Bincang Online Penulisan Artikel Ilmiah” yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dan dosen sebagai peserta.

Kegiatan yang dimotori oleh Rumah Jurnal IAIN Samarinda itu dilaksanakan secara online dan disiarkan langsung melalui channel YouTube SAJIE. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 19, 21 dan 22 Mei 2020.

Hari pertama bincang online penulisan artikel ilmiah dikhususkan bagi prodi-prodi yang berada di bawah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda.

Hadir sebagai narasumber Dr. Umar Fauzan, M. Pd., selaku ketua bidang penelitian dan publikasi IAIN Samarinda, Luluk Humairo Pimada, M.Pd., Agus Setiawan, M. Pd., masing-masing Dosen FTIK IAIN Samarinda. Bertindak sebagai moderator Wildan Saugi, M. Pd., selaku Editor Southeast Asian Jurnal of Islamic Education /SAJIE, didampingi Widya Noviana Noor, M. Pd., selaku Ketua jurnal IAIN Samarinda.

Dalam paparannya Dr. Umar Fauzan, M. Pd., menjelaskan jurnal merupakan kumpulan artikel yang diterbitkan secara online di beberapa lembaga pendidikan tinggi. Karya tersebut diwajibkan kepada seluruh mahasiswa terhitung sejak tahun 2012 (S.E. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Tinggi)

Sementara itu Luluk Humairo, M. Pd., menerangkan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis karya ilmiah adalah penggunaan bahasa yang baik dan benar sehingga nantinya bahasa yang disajikan memudahkan orang lain untuk memahami tulisan itu sendiri.

Sementara, Agus Setiawan, M.Pd. mengatakan, setiap mahasiswa berkesempatan untuk mengubah skripsinya menjadi sebuah artikel ilmiah dengan beberapa trik dan tipsnya.

Pada hari kedua, bincang online penulisan artikel ilmiah difokuskan pada prodi-prodi yang berada di bawah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Samarinda.

Hadir sebagai narasumber Miftahur Ridho ,M. Si., dan Widya Noviana Noor, M.Pd. dengan moderator Diajeng Laily Hidayati, M. Si., selaku Dosen FUAD IAIN Samarinda.

Dalam paparannya, Miftahul Ridho, M.Si., mengatakan mahasiswa harus bisa dan mampu menulis karya ilmiah baik berbentuk artikel, makalah ataupun skripsi, dengan mengupgrade teori-teori terbaru, sebab menurut Ridho sebuah penelitian tidak akan pernah kehabisan topik dan permasalahan.

Pada hari ketiga, bincang online penulisan artikel ilmiah difokuskan pada prodi-prodi yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Samarinda.

Hadir sebagai narasumber Laila Masruro Pimada, SE., M. SEI selaku dosen Universitas Brawijaya, dengan moderator Fitria Rahmah, S. E. I., M.A Dosen FEBI IAIN Samarinda.

Dalam paparannya, Masruro Pimada, SE., M. SEI., menyampaikan hal yang perlu dipersiapkan dalam menyusun artikel ilmiah, seorang penulis harus memperkaya diri dengan memperbanyak referensi, penyusunan artikel ilmiah harus memperhatikan kaidah umum jurnal yaitu terdiri dari Introduction Methods , Results and Discussion (IMRD). Introduction yang berfungsi untuk menjelaskan antara teori dan praktek sebagai permasalahan, batasan permasalahan dan state of the art.#humas

News Feed