by

Pandemi Covid-19 Belum Mereda, PPs IAIN Samarinda Lakukan Ujian Masuk Mahasiswa Baru Secara Online

-AKADEMIA-218 views

SAMARINDA IAIN NEWS-, Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali melaksanakan ujian masuk mahasiswa baru. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ujian masuk pada tahun 2020 dilaksanakan secara online via Video Call WhatsApp. Materi ujian meliputi tes potensi akademik, wawancara dan tes baca tulisan Al-Qur’an.

Dari pantauan media ini, direktur Pascasarjana Dr. H. M. Tahir, S. Ag., MM., didampingi Wakil direktur Dr. Khojir, M.SI., turut menyeleksi calon mahasiswa baru PPs IAIN Samarinda.

“Jika ditotalkan ada 97 calon mahasiswa baru yang bersaing untuk memperebutkan kursi sebagai mahasiswa baru PPs IAIN Samarinda. Ada prodi yang jumlah peminatnya cukup banyak sehingga perlu dilakukan seleksi yang ketat dalam menyaring calon mahasiswa tahun ini. Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan dua prodi yang akan dilakukan penyaringan secara ketat karena peminatnya yang relatif banyak. Sampai saat ini, ada enam program studi di PPs IAIN Samarinda, diantaranya adalah Hukum Keluarga (HK), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Ekonomi Syariah (ES). Hasil ujian masuk gelombang pertama ini akan diumumkan pada tanggal 8 Juni 2020”. Ujar Direktur PPs IAIN Samarinda saat ditemui oleh media ini.

“Seleksi kita perketat dengan mengadakan ujian masuk melalui ujian tertulis dan lisan ditambah tes baca tulis Al-Qur’an. Diharapkan dengan tes ujian masuk tersebut kita bisa mendapatkan calon mahasiswa baru yang unggul sehingga tidak kesulitan mengikuti pola belajar yang diterapkan di PPs IAIN Samarinda dan setelah selesai dapat memiliki kontribusi besar dalam menyelesaikan problem masyarakat serta dapat meningkatkan mutu lembaga, apalagi ada prodi yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan beberapa prodi lain sudah terakreditasi B, sehingga perlu usaha untuk mempertahankan yang sudah bagus dan meningkatkan yang belum baik”. Tambahnya.#humasiainsmd

News Feed