by

Prodi HES IAIN Samarinda Sukses Selenggarakan Webinar Dengan Narasumber Kepala Cabang BSM Meulaboh Aceh

-AKADEMIA-244 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Progam Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda sukses selenggarakan Web Seminar (Webinar) “Peluang dan Tantangan Hukum Ekonomi Syariah Dalam Pengembangan Lembaga Keuangan Syariah”. Acara dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi zoom. Senin (8/6/2020).

Menghadirkan narasumber tingkat Nasional, Kumardani, Lc., M. A., selaku kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Meulaboh, Provinsi Aceh, Dr. Bambang Iswanto, M.H., selaku Dekan Fakultas Syariah dan Maisyarah Rahmi Hs., Lc., M.A., P.h.D., selaku Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Samarinda. Acara dipandu langsung oleh Panggalih Husodo, salah satu mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Samarinda.

Dalam paparannya, Kumardani Lc., M. A. mengatakan, saat ini Bank Syariah Mandiri di Indonesia sedang mengembangkan layanan untuk kemudahan nasabah. Kemudahan layanan nasabah tersebut meliputi pembuatan rekening online, transaksi keuangan tanpa ATM, (zakat, infaq, wakaf dan kurban online) dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa Bank Syariah Mandiri telah melaksanakan layanan nasabah dengan menggunakan akad sebagimana yang diajarkan dalam fiqih muamalah, seperti akad Mudharabah, Murabahah, Wadiah, Mutanaqishah dan lain sebagainya.

“Bank Syariah Mandiri terus lakukan pengembangan layanan demi kemudahan dan kepuasan nasabah, misalnya layanan rekening online, transaksi keuangan tanpa ATM, (zakat, infaq, wakaf dan kurban online), selain itu pelayanannya pun sudah mengikuti prinsip syariah sebagaimana yang diajarkan dalam fiqih muamalah”. Tutur Kumardani, Lc., M.A., saat menyampaikan materi di hadapan ratusan peserta webinar tersebut.

Senada dengan itu, Dr. Bambang Iswanto, M.H., dalam paparannya mengakui bahwa lembaga keuangan di Indonesia terus mengalami perkembangan. Namun menurut Dekan Fasya tersebut, masih terdapat tantangan yang berat disebabkan karena minimnya kesadaran masyarakat terhadap kehadiran Bank Syariah ini

“Kita mengakui bahwa lembaga keuangan di Indonesia (khususnya Bank Syariah) terus mengalami perkembangan, namun di sisi lain masih terdapat tantangan yang berat karena minimnya kesadaran masyarakat terhadap kehadiran Bank Syariah saat ini. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk terus mengembangkan dan mensosialisasikannya sehingga lembaga keuangan syariah ini nantinya bisa sejajar dengan lembaga keuangan konvensional pada umumnya”. Ajak Dekan Fakultas Syariah, Dr. Bambang Iswanto, M.H., tersebut.

Sementara itu, Maisyarah Rahmi Hs., Lc., M. A., Ph. D., mengatakan bahwa IAIN Samarinda khususnya pada Prodi Ekonomi Syariah kini telah dan terus memberi bekal keilmuan yang memadai pada mahasiswa demi mencetak SDM yang unggul guna menjawab segala tantangan zaman.

“Melihat perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia, tentu kebutuhan SDM yang kompeten di bidang hukum ekonomi syariah akan semakin meningkat, oleh karena itu mahasiswa prodi hukum ekonomi syariah IAIN Samarinda akan terus diberi bekal keilmuan yang memadai dengan cara menghadirkan dosen tamu (pakar), meningkatkan jenjang pendidikan dosen yang ada (harus S3) dan memberikan ruang praktikum yang modern”. Demikian penjelasan Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Samarinda tersebut.#humasiainsmd

News Feed