by

Di Tengah Masa Pandemi Covid-19, Prodi MPI Bersiap Hadapi Akreditasi 9 Kriteria Via Daring

-AKADEMIA-59 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Layaknya sebuah industri yang menerapkan Quality Control dan Quality Assurance demi menjaga kualitas produk dan layanan yang diberikan, Perguruan Tinggi juga dituntut untuk menerapkan hal sama terhadap kualitas lulusan mahasiswanya. Untuk mencetak mahasiswa yang berkualitas, banyak hal yang harus dipenuhi misalnya rasio jumlah dosen dengan mahasiswa yang seimbang, kualitas dosen yang mumpuni, ruang kuliah yang memadai, tersedianya klinik kesehatan, tersedianya perpustakaan dengan koleksi yang cukup, kurikulum yang up-to-date dll.

Sehubungan dengan hal itu, Kamis (27/6/2020) Prodi Manajamen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menggelar simulasi khusus persiapan akreditasi MPI. Bertempat di Aula Rektorat lantai 3 Kampus 2 IAIN Samarinda, Jl. H. A. M. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda.

Hadir dalam simulasi tersebut Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. M. Nasir, M. Ag. Dalam sambutannya, Beliau menitipkan pesan kepada FTIK khususnya pada tim persiapan akreditasi agar terus bekerja dengan kompak dan teliti dalam mempersiapkan dokumen yang diperlukan sehingga MPI mampu meraih nilai akreditasi yang terbaik.

“Kami sangat mendukung kegiatan simulasi ini demi pengembangan lembaga, khususnya pada prodi MPI, oleh karena itu kami berharap FTIK terus mengawal proses akreditasi MPI ini dengan serius, kompak, fokus, dan teliti dalam mempersiapkan segala hal termasuk dokumen yang diperlukan sehingga MPI dapat meraih nilai akreditasi yang terbaik”. Bebernya.

Dikesempatan terpisah, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Dr. Eka Mahmud, M. Ag., melalui pesan singkat via WhatsApp kepada media ini mengatakan bahwa, dikarenakan situasi masih pandemi Covid-19 maka, proses akreditasi MPI tahun ini dilaksanakan dengan sistem daring.

“Ini kan situasinya masih pandemi Covid-19, sehingga proses akreditasi MPI akan dilakukan dengan sistem daring, sehingga persiapan akreditasinya tentu berbeda dari biasanya, disitulah peran pentingnya simulasi yang kita selenggarakan. Mudah-mudahan MPI bisa sukses meraih nilai akreditasi maksimal”. Bebernya.

Selain itu, Siti Julaiha, S. Ag., M. Pd., selaku Ketua Progam Studi (Kaprodi) MPI mengatakan, tim akreditasi akan berusaha lebih fokus dan teliti dalam mempersiapkan dokumen 9 kriteria penilaian akreditasi BAN PT ini.

“Di IAIN Samarinda, prodi MPI menjadi prodi pertama yang akan melaksanakan akreditasi dengan 9 kriteria, sebelum ini semua prodi masih menggunakan 7 standar penilaian. Oleh karenanya, tim akan bekerja secara total untuk mempersiapkan 9 kriteria tersebut. Tim sangat antusias dalam mempersiapkan dokumen yang diperlukan karena ini merupakan tantangan baru. Maka kami berharap do’a dari semua pihak semoga akreditasi MPI bisa lancar sehingga mendapatkan hasil yang unggul”. Ujar Kaprodi MPI FTIK IAIN Samarinda kepada media ini.#humasiainsmd

News Feed