by

Rektor Jadi Narasumber UI GreenMetric 2020, IAIN Samarinda Peringkat Ke-6 Kampus Hijau Se-Indonesia

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd., didapuk sebagai salah satu Narasumber pada Lokakarya UI GreenMetric tahun 2020. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Kamis, 25 Juni 2020.

UI GreenMetric merupakan Lembaga pemeringkatan kampus hijau sedunia yang digagas oleh Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Telah melakukan assessment kampus hijau selama sepuluh tahun terakhir dan memiliki anggota 779 Universitas yang tersebar di seluruh Dunia.

Lokakarya UI GreenMetric tahun 2020 mengangkat tema “Peningkatan Kinerja Perguruan Tinggi Agama Islam Terhadap Kampus Hijau” menghadirkan tujuh narasumber dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Antara lain Dr. Nyoman Suwartha, S.T, M.T, M.Agr. Wakil Ketua UI GreenMetric, Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. H. And. Haris, M.Ag. Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. Wakil Rektor I, UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag. Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Fathul Wahid, S.T, M.Sc., Ph.D. Rektor Universitas Islam Indonesia dan Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. Rektor IAIN Samarinda.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag., selaku Rektor UIN Walisongo Semarang sekaligus tuan rumah UI GreenMetric 2020 menjelaskan urgensi pengembangan kampus hijau di Perguruan Tinggi Islam. Kampus Islam harus menjadi pioner dalam pelestarian lingkungan berkelanjutan. Kampus Islam adalah miniatur bangsa Indonesia, maka kampus harus memberikan contoh yang baik bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Sebagai Perguruan Tinggi Islam, sudah seharusnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan kampus kita. Sebagai Kampus Islam, kita ini adalah miniatur bangsa Indonesia, untuk itu kita harus memberikan contoh yang baik bagaimana merawat, memelihara dan melestarikan lingkungan”. Ujar Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag

Senada dengan hal tersebut, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku Rektor IAIN Samarinda sekaligus narasumber UI GreenMetric 2020, melihat tema “Peningkatan Kinerja Perguruan Tinggi Agama Islam Terhadap Kampus Hijau” selaras dengan kritikan dari ayat suci Al-Qur’an surah Ar-Rum ayat 41, sehingga konsep untuk menumbuhkan lingkungan kampus hijau merupakan implementasi doktrin agama Islam yang Rahmatan Lilalamin.

“Tema yang diusung dalam Lokakarya UI GreenMetric ini selaras dengan kritikan dalam surah Ar-Rum ayat 41, dan IAIN Samarinda telah menerapkannya. Jika berkenan silahkan datang berkunjung ke IAIN Samarinda”. Jelas Rektor IAIN Samarinda saat mempresentasikan materi.

Selain sebagai narasumber, IAIN Samarinda juga memperoleh peringkat ke-6 dari seluruh PTKIN se-Indonesia yang ikut berpartisipasi pada UI GreenMetric 2020.#humasiainsmd

News Feed