by

Bersaing Menuntut Ilmu, Puluhan Calon Mahasiswa Baru PPs IAIN Samarinda Ikuti Ujian Masuk Mahasiswa Baru Online

-AKADEMIA-159 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Setelah membuka penerimaan calon mahasiswa baru gelombang ke-2 tanggal 09 – 27 Juni 2020, hari ini, Jum’at (3/7/20) Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda kembali menggelar ujian masuk calon mahasiswa baru dengan sistem daring menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Form.

Pelaksanaan ujian dimulai pukul 07.30-16.30 WITA. Diikuti oleh seluruh pendaftar calon mahasiswa baru dan diuji langsung oleh Rektor dan para Wakil Rektor serta semua Kaprodi Pascasarjana IAIN Samarinda.

Pelaksanaan tes masuk calon mahasiswa baru Program Pascasarjana IAIN Samarinda merupakan metode yang telah disiapkan oleh kampus dalam rangka menjaring calon mahasiswa baru yang berkualitas atau bermutu.

Direktur Program Pascasarjana IAIN Samarinda Dr. H. M. Tahir, S. Ag., M.M., mengatakan bahwa ada tiga jenis tes yang wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa baru Program Pascasarjana IAIN Samarinda. Pertama tes kemampuan bahasa Arab, kedua tes kemampuan bahasa Inggris dan ketiga tes Potensi Akademik.

“Meskipun situasinya masih pandemi, seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Kemudian ada tiga jenis tes yang kami siapkan untuk para calon mahasiswa baru antara lain tes potensi akademik, bahasa Inggris, bahasa arab. Ditambah tes baca tulis Al-Qur’an dan wawancara”. Ujar Direktur Pascasarjana di ruang kerjanya.

Direktur Pascasarjana menambahkan bahwa, hasil ujian tulis tersebut akan dievaluasi secara obyektif dan transparan. Kemudian hasil ujiannya akan diumumkan tanggal 10 Juli 2020.

Dari informasi yang media himpun, jumlah peserta yang mengikuti ujian masuk pada gelombang ke-2 tersebut sebanyak 75 calon mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Samarinda, Balikpapan, Bontang, Tenggarong, Sangatta dll.)

Adapun rencana penerimaan gelombang ke-3 akan kembali dibuka pada tanggal 13 Juli hingga 14 Agustus 2020 mendatang. Tes ujian masuk dijadwalkan tanggal 18-19 Agustus 2020 dan pengumuman hasil ujian tanggal 24 Agustus 2020.

Sekedar untuk diketahui bahwa, Program Pascasarjana IAIN Samarinda mempunyai enam Program Studi yakni: Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ekonomi Syariah (ES), Hukum Keluarga Islam (HKI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Masing-masing Prodi ada yang telah terakreditas A dan B oleh BAN-PT.#humasiainsmd

News Feed