by

Masuki Masa New Normal, Fakultas Syariah IAIN Samarinda Berikan Layanan Akademik Secara Offline

-AKADEMIA-124 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Nomor :B-1794/In.18/1/HM.01/06/2020 Tentang Pedoman Kegiatan Akademik Tatanan Normal Baru Di IAIN Samarinda.

Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali laksanakan pelayanan akademik (seleksi judul, seminar proposal, bimbingan skripsi, seminar hasil hingga ujian munaqosah dan yudisium) secara offline. Rabu (8/7/2020) sejumlah mahasiswa Fasya semester akhir antusias mengikuti proses ujian komprehensif di gedung Fasya kampus 2 IAIN Samarinda, Jl H. A. M. Rifaddin Loa Janan Ilir.

Dari informasi yang media himpun, proses ujian komprehensif dilakukan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (menjaga jarak, menggunakan masker dan tidak berjabat tangan) baik penguji maupun mahasiswa.

Di ruang terpisah, Maisyarah Rahmi Hs, Lc. M.A, Ph. D, Ketua Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fasya kepada Humas IAIN Samarinda mengatakan, ujian komprehensif tersebut merupakan salah satu syarat wajib yang mesti dilalui mahasiswa semester akhir khususnya dilingkungan Fasya sebelum melakukan penelitian skripsi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para calon sarjana Fasya dalam menguasai keilmuannya selama ia meniti pendidikan di IAIN Samarinda, baik bidang keislaman, keprodian, keterampilan yang berkaitan dengan hukum Islam dan hukum wajib yang meliputi materil dan formil.

“Tahap ujian komprehensif ini merupakan hal yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, khususnya di Fasya sebelum mereka melakukan penelitian lapangan, kita ingin tahu sejauh mana kemampuan dalam menguasai keilmuannya, baik pada aspek keagamaannya, prodi maupun keterampilan yang berkaitan dengan hukum Islam. Kami juga memberikan himbauan kepada penguji maupun mahasiswa agar tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan tidak berkerumunan apalagi berjabat tangan”. Jelas Kaprodi HES tersebut.

Maisyarah Rahmi Hs, juga menambahkan bahwa ujian komprehensif kali ini merupakan ujian gelombang kedua, setelah sebelumnya melakukan gelombang pertama saat sebelum pandemi covid-19.

“Sebenarnya ini merupakan ujian gelombang kedua, gelombang pertama dilakukan saat sebelum hingga di tengah pandemi covid-19. Alhamdulillah pada fase new normal ini, Fasya kembali melakukan ujian komprehensif secara offline di semua prodi , baik itu Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Prodi Hukum Tata Negara maupun Prodi Hukum Keluarga”. Terangnya.#humasiainsmd

News Feed