by

Rektor Resmi Buka KKN-DR 2020 Yang Diikuti Oleh 1.105 Mahasiswa IAIN Samarinda

-Kegiatan-143 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda secara resmi membuka dan melepas 1.105 peserta Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) tahun 2020 dengan tema “Membangun Pengatahuan dan Pengalaman Melalui Merdeka Belajar”. Kamis (9/7/2020).

Sebelum dilaksanaan KKN-DR berbasis online tersebut, mahasiswa telah dibekali dengan workshop dan pembekalan yang digelar satu pekan sebelumnya (1/7/2020). Bisa dikatakan KKN-DR tersebut merupakan klimaksnya.

Hadir dalam pembukaan KKN-DR tersebut antara lain, Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. M. Ilyasin, M.Pd., para Wakil Rektor, Kabiro AUAK, Ketua LP2M, para Dekan dan Wakil Dekan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), para peserta (Mahasiswa KKN-DR) dan Staff IAIN Samarinda.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Samarinda berharap agar kegiatan KKN-DR ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

“Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan kita harus melakukan kegiatan KKN Dari Rumah masing-masing, namun kami tetap berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan dikelola dengan profesional, karena kita yakin bahwa segala sesuatu yang dikelola dengan serius insyaallah hasilnya akan bagus. Proses tidak pernah mengkhianati hasil”. Tutur Rektor.

Selain itu, Rektor juga berharap kepada para peserta KKN-DR agar menjadi contoh bagi masyarakat terutama dalam mendukung pemerintah memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 ini.

“Meskipun KKN kali ini hanya dilakukan dari rumah, namun kami harap kepada saudara agar tetap menjadi contoh yang baik bagi masyarakat terutama dalam mendukung pemerintah untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 yang terus mewabah ini. Gunakan masker, jaga jarak dan hindari berjabat tangan”. Ujarnya.

“Selain itu, perlu disadari bahwa saudara berangkat dari kampus keislaman, oleh karena itu kami harap saudara bisa menjaga nama baik lembaga, silahkan membuat kegiatan dari rumah masing-masing, namun yang harus tetap diperhatikan dan dikedepankan adalah Akhlakul karimahnya. Insyaallah dengan akhlak yang baik, orang tua dan masyarakat akan selalu percaya kepada kampus kita. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim KKN-DR 2020 kami nyatakan secara resmi dimulai”. Rektor IAIN Samarinda, H. M. Ilyasin, M.Pd., saat membuka pelepasan KKN-DR 2020.

Tampil sebagai pembicara dalam pelaksanaan pembukaan KKN-DR tersebut Dr. M. Nasir, M. Ag., Selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga.

p> Dalam paparannya, beliau menyoroti mengenai kampus merdeka dan merdeka belajar. Dimana keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

“Kampus merdeka dan merdeka belajar itu dua hal yang berbeda, tetapi sama-sama kebijakan menteri pendidikan. Jika kampus merdeka itu ada tiga hal penting yang berkaitan (kemudahan untuk membuka prodi baru, kemudahan untuk akreditasi dan kemudahan alih status dari Satker ke BLU) sedangkan merdeka belajar adalah mahasiswa nantinya boleh belajar diluar jurusannya”. Kata M. Nasir.

“Merdeka belajar ini berusaha menciptakan suasana belajar yang bahagia baik pada murid maupun pada gurunya sehingga pembelajaran itu akan lebih bermakna”. Demikian tutur Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Samarinda tersebut.

Tampil sebagai pembicara lainnya yakni Mustamin, M. Pd., Drs. Khairul Sholeh, M. Pd., dan Dr. Umar Fauzan, M.Pd.#humasiainsmd

News Feed