by

Prodi MPI Pascasarjana IAIN Samarinda Sukses Menyelenggarakan Bedah Buku Tafsir Ayat-Ayat Manajemen

-Kegiatan-324 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Program Studi Manejemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda sukses menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) bedah buku “Tafsir Ayat-ayat Manajemen”, Selasa (21/7/2020).

Pelaksanaan Webinar dimulai pada pukul 09.00 – 12.00 Wita dengan menghadirkan narasumber lintas PTKIN di lingkungan Kementerian Agama, antara lain, Dr. H. Fuad Fansuri, Lc., M.Th.I., Dosen IAIN Samarinda, Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I., M.S.I., Dosen UIN Sunan Kalijaga, dan Dr. Hj. Sri Rahmi, M.A., Dosen UIN Ar-Raniry Aceh. Acara dipandu langsung oleh Mohamad Andas, S.Pd., Mahasiswa MPI Pascasarjana IAIN Samarinda.

Hadir juga pada acara tersebut Direktur Pascasarjana IAIN Samarinda, Dr. H. M. Tahir, S.Ag., MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada pengelola Prodi Magister MPI dan mahasiswa yang telah menyelenggarakan Webinar tersebut dengan lancar.

“Kita sangat mengapresiasi pengelola MPI dan mahasiswa yang tetap semangat menyelenggarakan kegiatan akademik di tengah pandemi Covid-19 ini meski secara virtual,” ucap direktur sebelum membuka acara.

Narasumber I, Dr. H. Fuad Fansuri, Lc., M.Th.I., dalam pemaparannya menjelaskan bahwa ayat Al Qur’an adalah kalam Allah SWT yang kaya akan khazanah keilmuan termasuk keilmuan manajemen pendidikan Islam.

“Al-Qur’an tidak hanya menjadi buku yang paling banyak dicetak di dunia, bahkan juga menjadi kitab suci yang paling banyak dikaji dengan berbagai perspektif keilmuan, termasuk keilmuan manajemen pendidikan Islam. Oleh karena itu, kajian ini perlu lebih digalakkan lagi sehingga upaya integrasi keilmuan lebih teras,” ujar Dosen IAIN Samarinda tersebut.

Sementara itu, Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I., M.S.I., mengatakan pentingnya umat manusia khususnya umat muslim menempatkan manajemen ilmu kalam dalam kehidupan sehari-harinya.

“Manajemen yang dimaksudkan adalah bagaimana kemampuan seseorang dalam pengelolaan terhadap sesuatu pekerjaan yang didasarkan pada nilai-nilai keislaman misalnya saja pada teori ilmu kalam qodariyyah dan jabariyya”. Jelasnya.

Selanjutnya, Dr. Hj. Sri Rahmi, M.A., mengatakan bahwa manajemen merupakan hal yang digunakan untuk mengatur segala sesuatu agar menjadi efektif dan efesien

“Maka setiap apa yang dilakukan oleh seseorang, ia harus bertanggung jawab, itulah sebabnya dalam Islam mengajarkan umatnya bagaimana kemudian dalam hidupnya punya perencanaan atau menajemen yang baik, sehingga kemudian, ia mendapatkan kemuliaan disisi Allah SWT dan inilah hakikatnya penilaian dari sebuah manejemen itu sendiri”. Tutur Dosen UIN Ar-Raniry Aceh tersebut.

Dari pantauan media ini, diketahui Webinar tersebut diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Samarinda.#humasiainsmd.

News Feed