by

Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Nasional Online “Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Pada Masa Pandemi”

-Kegiatan-529 views

SAMARINDA, IAIN NEWS, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda sukses gelar Seminar Online Nasional “Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Pada Masa Pandemi”. Rabu (22/7/2020).

Seminar dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda, Dr. H. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara seminar online, peserta dan kepada para narasumber yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dan mensukseskan seminar.

“Atas nama Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pengelola Prodi Pendidikan Bahasa Arab atas terselenggaranya seminar online ini, semoga apa yang telah dilaksanakan hari ini mendapatkan hikmah dan berkah dari Allah SWT”. Terang Dekan saat memulai sambutannya.

“Bahasa adalah rumah ilmu pengetahuan, oleh karena itu siapa yang menguasai bahasa maka dia akan menguasai suatu kaum termasuk peradabannya, keilmuannya dan khsanah-khasanah yang lainnya, dan dalam masa Pandemi seperti ini kita harus kreatif dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab”. Tambahnya.

Bertindak sebagai narasumber dalam Seminar Online Nasional tersebut antara lain: Dr. Fachrul Ghazi, Lc, MA., Edy Murdani, M.Pd.I., dan Luluk Humairo Pimada, M,Pd,I.

Dalam paparannya, Dr. Fachrul Ghazi, Lc, MA, MA., menerangkan bahwa, banyak kesalahan yang dialami mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah terutama dalam istilah-istilah ilmiah berbahasa Arab, oleh karena itu perlu adanya penyeragaman istilah-istilah ilmiah berbahasa Arab dalam penulisan karya ilmiah, dan beliau berharap adanya pembuatan pedoman penulisan karya ilmiah berbahasa Arab oleh para dosen PBA IAIN Samarinda.

Sementara itu, Edy Murdani, M.Pd.I., menyampaikan bahwa belajar secara mandiri pada masa pandemi sangat diperlukan dan perlunya motivasi yang kuat dalam penyelesaian tugas akhir Mahasiswa/I PBA IAIN Samarinda.

Selanjutnya, Luluk Humairo Pimada, M.Pd,I., menyampaikan tentang pentingnya mengetahui jenis karya ilmiah, metodologi penulisannya serta permasalahan yang biasanya didapati oleh mahasiswa/I dalam penulisan karya ilmiah. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa dalam proses pembelajaran selalu ada rasa jenuh terutama dalam penulisan karya ilmiah pada masa pandemi, maka perlu adanya saling mendukung dan kerjasama antara mahasiswa/i dan para dosen PBA IAIN Samarinda.

Dari pantauan media ini, mahasiswa tampak antusias mengikuti acara Seminar Nasional Online ini dari awal sampai selesai.#humasiainsmd

News Feed