by

Di Tengah Pandemi Covid-19, FTIK IAIN Samarinda Gelar Pengarahan Persiapan PKL Kepada 600 Peserta Online

-AKADEMIA-91 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda gelar Pengarahan Persiapan Praktik Kerja Lapangan (PKL) kepada 600 mahasiswa semester-7 serentak. Rabu (22/7/2020).

Pengarahan yang dilaksanakan secara online tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang strategi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada mahasiswa FTIK di tengah pandemi Covid-19.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga FTIK IAIN Samarinda, Dra. Etty Nurbayani, M.Pd., turut menjelaskan mekanisme pelaksanan FTIK IAIN Samarinda tahun 2020.

“Perlu kami sampaikan bahwa fokus pembekalan PKL ini terkait beberapa mekanisme pelaksanan PKL di tengah pandemi Covid-19”. Katanya.

“Bahwa pelaksanaan PKL tahun ini beberapa mengalami perubahan sistem, Pertama PKL akan dilaksanakan secara online dan offline. Maksudnya adalah jika sekolah/madrasah/lembaga dalam aktivitasnya dilakukan di rumah maka PKL akan dilakukan secara online dan sebaliknya jika aktivitas dilakukan tatap muka maka PKL akan dilakukan secara offline. Jadi tahun ini PKL akan menyesuaikan dengan lingkungan sekolah/madrasah/lembaga mitra nantinya, baik mitra lama maupun mitra baru yang ada di daerahnya mahasiswa masing-masing, nanti kita akan jalin MoU. Kedua Proses penetapan nama kelompok dan lokasi PKL akan ditentukan setelah mahasiswa baik secara individual maupun kelompok telah melakukan penjajakan ke beberapa tempat sekolah/madrasah/lembaga telah melakukan silaturahmi dan permohonan untuk bermitra sebagai tempat PKL sesuai kondisi dilapangan, jika mahasiswa sudah menemukan sekolah yang sesuai silahkan koordinasi dengan panitia agar segera diproses dan ditetapkan melalui surat keputusan yang resmi dari lembaga. Keempat Panitia juga menyiapkan aplikasi Google Sites, hal ini akan memudahkan antar panitia dan mahasiswa untuk berbagi informasi, baik hasil penjajakan tempat PKL, pendaftaran PKL, mengunduh berkas persyaratan PKL, penetapan SK, surat pernyataan kesediaan mitra PKL, dan format MoU”. Ujarnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga FTIK IAIN Samarinda itu juga menyampaikan perubahan terkait penjajakan dan identifikasi sekolah tahun ini akan dilakukan oleh masing-masing peserta PKL.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa, pada tahun sebelumnya servei dilakukan oleh panitia, mahasiswa tinggal datang saja bersama supervisor masing-masing, namun pada tahun ini kita rubah sistem itu. Untuk tahun ini, kita beri kesempatan mahasiswa peserta PKL untuk mencari sekolah sesuai daerahnya masing-masing baik secara kelompok maupun individual”. Jelas Dra. Etty Nurbayani, M.Pd.

“Maka yang menentukan apakah mahasiswa PKL dari rumah (online) atau tatap muka secara langsung (offline) itu tergantung mitra PKL (sekolah), apakah mereka masih bekerja dari rumah atau sudah tatap muka langsung”. Tambahnya.

“Jika mahasiswa sudah menemukan sekolah yang sesuai silahkan koordinasi dengan panitia agar segera diproses dan ditetapkan melalui surat keputusan yang resmi lembaga”. Tutup beliau.

Senada dengan itu, Drs. Darwis, M.S.I., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Islam (Pendis) sekaligus sebagai ketua panitia PKL 2020, menyampaikan kepada calon peserta PKL untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk melakukan penjajakan dan identitas sekolah yang dituju.

“Mulai tanggal 24 Juli hingga 7 Agustus 2020 kami persilahkan kepada mahasiswa melakukan penjajakan sekolah yang diinginkan untuk ditempati PKL, baik sekolah/madrasah/lembaga. Jika sudah menemukan yang sesuai dan diterima oleh sekolah yang bersangkutan silahkan koordinasi dengan panitia PKL, selain itu tolong dilihat juga bagaimana sistem pembelajaran mereka di sana apakah masih online atau sudah offline, setelah itu konfirmasi kepada panitia sehingga kami bisa mengatur dan menyampaikan kepada supervisor saat pembekalan nanti”. Demikian penjelasan Ketua Jurusan Pendidikan Islam FTIK tersebut.

Dari berbagai informasi yang media himpun, pelaksanaan PKL tersebut akan berlangsung dari tanggal 7 September hingga 3 Desember 2020 mendatang dengan jumlah peserta PKL 600 orang mahasiswa dari seluruh prodi di lingkungan FTIK IAIN Samarinda. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Manajemen Islam (MPI) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).#humasiainsmd

News Feed