by

Kultum Di TV Islamic Center, Syarifaturrahmatullah, M.Pd: Hikmah Tentang Sebuah Perjuangan, Pengorbanan, Kesabaran dan Keikhlasan

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Sinergi antara lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda dengan Badan Pengurus Islamic Center (BPIC) Provinsi Kalimantan Timur terus terjalin dengan kuat. Terbukti saat TV Islamic Center melakukan shooting kultum keagamaan yang bertajuk “Idul Adha: perjuangan dan pengorbanan” yang dibawakan oleh salah satu Dosen FTIK IAIN Samarinda, Ust. Syarifaturrahmatullah, M.Pd. Kamis (23/7/2020)

Ustad Syarifaturrahmatullah, M.Pd., atau yang akrab disebut Ust. Syarif melalui shooting di kampus 1 IAIN Samarinda Jl. KH. Abul Hasan nomor 3 Samarinda mengatakan bahwa, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang penuh hikmah. Hikmah tentang sebuah perjuangan, pengorbanan, kesabaran dan keikhlasan.

“Kaum muslimin di manapun berada, perlu kita ketahui bahwa bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang penuh hikmah. Hikmah tentang sebuah perjuangan, pengorbanan, kesabaran dan keikhlasan”. Tegasnya.

“Kita bisa melihat sepanjang perjalanan kehidupan manusia selalu diuji oleh Allah SWT., Tidak ada satu manusiapun yang dilahirkan di dunia ini tanpa diuji. Sebagai contoh misalnya bagaimana Nabi Ibrahim AS., diperintahkan untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Musa AS., dan Rasulullah SAW., Diuji dengan meninggalkan tanah kelahirannya”. Ujar Syarifaturrahmatullah, M.Pd., saat menyampaikan kultum bersama TV Islamic Center Kalimantan Timur.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk bisa lulus ujian manusia harus berjuang, berkorban, bersabar dan ikhlas, baik dalam bentuk kesenangan maupun kesusahan.

“Ada satu hal yang harus kita sadari bahwa setiap pengorbanan yang kita lakukan pasti ada ujian kesabaran di dalamnya, baik itu sesuatu yang kita senangi maupun hal yang tidak kita senangi. Oleh karena itu, Rasullullah SAW., memberikan hiburan pada kita melalui Hadistnya, ketahuilah bahwa kesabaranmu terdapat sesuatu yang tidak kamu sukai, justru dibalik itu terdapat kebaikan di mata Allah, sesungguhnya pertolongan Allah ada pada kesabaran itu sendiri. Ingatlah bahwa setiap kesusahan pasti ada jalan keluarnya”. Demikian penjelasan Syarifaturrahmatullah, M.Pd., saat menjelaskan salah satu Hadist Rasulullah SAW.

“Hikmah yang dapat kita petik bahwa, dalam kehidupan, perjuangan adalah keniscayaan dan setiap perjuangan pasti membutuhkan pengorbanan, kesabaran dan keikhlasan”. Jelas Dosen FTIK sekaligus ketua Prodi PBA IAIN Samarinda tersebut.#humasiainsmd.

News Feed