by

Berikan Kultum Di TV Islamic Center, Rudy Hadi Kusuma, M.Pd., Kisahkan Menjadi Haji Mabrur Tanpa Pergi ke Tanah Suci

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dikisahkan Abdullah Ibnu Mubarak merupakan salah Seorang Ulama Masyhur dari Mekah, ketika beliau selesai menunaikan ibadah haji kemudian beristirahat di suatu masjid hingga tertidur.

Dalam tidurnya beliau bermimpi melihat dua malaikat yang sedang bercerita dan mengatakan bahwa ada seseorang yang justru mendapatkan nilai ibadah haji mabrur meskipun secara fisik ia tidak berangkat ke Tanah Suci (Mekkah), Ia adalah seorang tukang soull sepatu bernama Sa’id bin Muhafah.

Demikian kisah singkat yang diceritakan oleh Rudy Hadi Kusuma, M.Pd., salah satu Dosen IAIN Samarinda saat menyampaikan tausyiah Idul Adha melalui TV Islamic Center Kalimantan Timur “Menjadi Haji Mabrur Tanpa Pergi ke Tanah Suci”. Kamis (23/7/2020).

Selanjutnya, Rudy Hadi Kusuma mengatakan, Abdullah Ibnu Mubarak pun bergegas menemui Sa’id bin Muhafah ke Damaskus di Syiria untuk bertanya tentang amalan apa yang selama ini Ia lakukan.

“Sa’id bin Muhafah itu hanya terbiasa mendengar kalimat Labbaik Allahumma Labbaik Labbaikala Syarikalaka Labbaik, Innal Hamda Wanni’matalak Walmulkala Syarikalak saja, kemudian Ia mempunyai semangat bekerja (memperbaiki sepatu) agar bisa berhaji”. Kata Dosen IAIN Samarinda itu.

“Namun seiring berjalannya waktu uang yang ia kumpulkan justru disumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan (fakir-miskin). Hal inilah yang kemudian membuat Sa’id bin Muhafah mendapatkan nilai Ibadah Haji Mabrur di mata Allah meskipun secara fisik ia belum pernah berangkat ke Mekkah”. Ujarnya.

“Allah katakan dalam Surah Ar-Rahman bahwa tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). Maka kisah ini sebenarnya menjadi introspeksi diri kita dan umat Islam pada umumnya, agar senantiasa mencintai dan menyayangi saudara seimannya, menyempurnakan iman sebelum berangkat haji barangkali masih ada saudara (tetangga) yang sedang kelaparan, hal ini demi menggapai Haji Mabrur dimata Allah SWT”.Tutup beliau.#humasiainsmd

News Feed