by

Usai Gelar Ujian Masuk (UM) PTKIN Serentak, IAIN Samarinda Kembali Siap Selenggarakan Ujian Mandiri (UMAN) Online

-Berita-429 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Usai menggelar Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) serentak satu pekan sebelumnya, kini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) siap menggelar Ujian Masuk Mandiri (UMAN) IAIN Samarinda pada 28 Agustus 2020 yang akan datang.

Guna mensukseskan hajatan tersebut, Dr. M. Nasir, M.Ag., selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menggelar rapat koordinasi persiapan ujian masuk mahasiswa baru jalur UMAN yang dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 3 kampus 2 IAIN Samarinda. Kamis (13/8/2020).

Dalam pertemuan tersebut, selain melakukan koordinasi antar panitia, sekaligus membahas teknis persiapan ujian penerimaan mahasiswa baru di tengah pandemi Covid-19.

Dalam paparannya, Dr. M. Nasir, M.Ag., menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian mandiri 2020 di lingkungan IAIN Samarinda akan di selenggarakan secara online.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada pada tahun ini di tengah pandemi Covid-19 kita akan melakukan ujian secara online. Nah untuk mekanisme ujiannya, kita sudah siapkan tim khusus dari unsur pimpinan rektorat maupun fakultas. Nanti mereka akan menguji via online dengan beberapa standar penilaian yang sudah ditentukan oleh panitia khususnya pengatahuan pada bidang keagamaan. Hal ini dilakukan untuk menemukan calon mahasiswa yang berkualitas sehingga dapat menjadi sarjana yang berguna bagi bangsa, negara dan agama sehingga berdampak pada peningkatan mutu lembaga”. Jelasnya.

Sementara itu, Sugiono, M. Kom., Selaku Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Samarinda melaporkan bahwa peminat jalur UMAN PTKIN IAIN Samarinda sangat tinggi.

“Sampai hari ini, jumlah pendaftar UMAN IAIN Samarinda telah mencapai ratusan, diperkirakan dalam beberapa hari ke depan akan bertambah terus hingga pada penutupan (26/8) nanti. Kami berharap kepada para calon mahasiswa (peserta ujian) dapat mengikuti persyaratan ujian dengan baik, seperti: kerapian busana, tidak membuka refrensi atau alat bantu lainnya, memperhatikan waktu sesi ujian dan segera melaporkan jika terdapat gangguan jaringan pada saat ujian berlangsung dll. Himbauan ini nanti akan dicantumkan pada kartu ujian setiap peserta. Oleh karena itu diharapkan seluruh calon mahasiswa agar aktif update informasi melalui website UMAN IAIN Samarinda”.

Perlu diketahui pendaftaran UMAN Mandiri IAIN Samarinda dibuka sejak 20 Juli hingga 26 Agustus 2020, pembagian kartu ujian 27 Agustus 2020, pelaksanaan ujian 28 Agustus 2020, pengumuman hasil ujian 31 Agustus 2020, pembayaran SPP dan Pendaftaran ulang 8 hingga 11 September 2020.#humasiainsmd.

News Feed