by

Persiapkan Pendidik Handal, FTIK IAIN Samarinda Terjunkan Mahasiswanya PKL Daring dan Luring

-AKADEMIA-117 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Setelah memberikan pembekalan beberapa pekan sebelumnya, kini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menerjunkan ratusan mahasiswanya ke beberapa sekolah/madrasah untuk melakukan kegiatan praktikum alias Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2020. Jum’at 4/9/2020.

Diketahui dari Dra. Etty Nurbayani, M.Pd., selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga FTIK IAIN Samarinda, dikarenakan pandemi Covid-19, pelaksanaan PKL tahun 2020 diselenggarakan dengan dua metode yakni secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Adapun mahasiswa diberikan kebebasan untuk menentukan dimana dia akan PKL.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan pembekalan pada tanggal 25 Agustus 2020 lalu kepada seluruh calon mahasiswa PKL di lingkungan FTIK IAIN Samarinda, adapun materi yang kami sampaikan diantaranya mekanisme Program PKL, pendalaman kurikulum 2013, pembelajaran aktif, penilaian autentik, penulisan jurnal reflektif dan tata cara mengajar online yang efektif”. Katanya.

“Mulai tanggal 4-7 September 2020 kami melakukan pelepasan. Dalam prosesnya mereka didampingi oleh beberapa supervisor PKL. Dikarenakan ada yang daring (dalam jaringan dan luring (luar jaringan), maka  kebijakan pelaksanaan PKL tergantung sepenuhnya kepada lembaga mitra PKL, sehingga supervisor yang menunggu konfirmasi dari sekolah/madrasah apakah PKL dilaksanakan daring atau luring, apalagi ada mahasiswa yang melakukan PKL di kampung halamannya masing-masing”. Jelas Dra. Etty Nurbayani, M.Pd., kepada Humas IAIN Samarinda melalui saluran telepon.

p> “Rencananya pelaksanaan PKL ini akan berlangsung dari 7 September hingga 8 November 2020, ujian PKL 16-21 November 2020 dan penarikan peserta PKL pada 23-24 November 2020” tutup Etty Nurbayani.

Pada kesempatan yang sama, Dr. M. Eka Machmud, M.Ag., selaku Dekan FTIK IAIN Samarinda mengimbau kepada seluruh mahasiswa agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas di luar kampus.

“Kami sudah melakukan koordinasi virtual dari seluruh lembaga mitra PKL, ratusan mahasiswa kami titipkan untuk dibimbing, dibina dan diarahkan selama PKL, selain itu, diharapkan juga kepada seluruh mahasiswa PKL agar tetap disiplin, pro-aktif membantu sekolah/madrasah tempat PKL, bisa membawakan diri dengan baik, menjaga nama baik lembaga khususnya FTIK selama menjalankan tugas PKL dan mengimplementasikan  protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 saat ini”. Demikian harap Dr. Eka Machmud, M.Ag., kepada Humas IAIN Samarinda.#humasiainsmd

News Feed