by

Resmi Dimulai, 1.518 Mahasiswa Baru IAIN Samarinda Ikuti Pelaksanaan PBAK Virtual

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Perhelatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Virtual Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda dengan tema “Menuju Mahasiswa Yang Unggul Spritual, Intelektual dan Profesional Untuk Mewujudkan Moderasi Beragama Dalam Bingkai NKRI” resmi dimulai oleh Rektor IAIN Samarinda, Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd., secara virtual via channel YouTube TV IAIN Samarinda dan Zoom. Senin, (21/9/2020) di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 Jl. H. A. M. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda Seberang.

Hadir dalam pelaksanaan pembukaan PBAK Virtual tersebut antara lain para Wakil Rektor, Kabiro AUAK, Sekretaris Senat lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Forum Orang Tua Wali Mahasiswa dan seluruh panitia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru IAIN Samarinda, selamat bergabung di kampus hijau, kampus terdepan dalam pengembangan peradaban keislaman”. Ungkap Rektor saat memberikan sambutan pembukaan PBAK.

Selain itu, secara virtual Rektor juga menyampaikan kepada para mahasiswa baru bahwa menjadi mahasiswa di IAIN Samarinda berarti siap mengemban tanggung jawab moral dan agama serta senantiasa menjaga nama baik lembaga.

“Perlu kami sampaikan kepada saudara bahwa memasuki IAIN Samarinda berarti harus siap mengemban amanah baru, menjaga nama baik almamater dengan misi dakwah dan ilmu pengatahuan dengan nilai-nilai keislamannya, Islam yang moderat, toleran, menghargai budaya dan umat lainnya”. Prof. Dr. H. M. Ilyasin, M.Pd.

“Mahasiswa baru yang saya cintai, sebagaimana telah diketahui bersama bahwa kita sedang diuji oleh situasi pandemi Covid-19, sejak saudara mendaftar, ujian tes masuk, PBAK bahkan perkuliahan nantinya akan dilakukan secara virtual. Sepertinya Covid-19 mengajarkan kita untuk mandiri belajar dari rumah masing-masing, oleh karena itu saya ingin mengajak kepada saudara semuanya mari senantiasa berkolaborasi dengan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Corona ini dengan menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas”. Imbuhnya.

Diruang yang sama, Ketua PBAK Virtual 2020 Dr. Zamroni, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa jumlah peserta PBAK Virtual IAIN Samarinda tahun 2020 sebanyak 1.518 mahasiswa.

“Kegiatan PBAK Virtual ini diikuti oleh 1.518 mahasiswa dari seluruh fakultas, antara lain Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) 719, Fakultas Syariah (Fasya) 256, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) 278 dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 265 orang”. Ujar Wakil Dekan 3 FTIK IAIN Samarinda tersebut.

Selain itu, beliau juga turut menyampaikan mekanisme waktu pelaksanaan PBAK selama empat hari.

“Perlu kami sampaikan bahwa pelaksanaan PBAK ini akan dilakukan selama empat hari berturut-turut, adapun mekanismenya adalah, pertama tingkat institut pada tanggal 21 dan 24 September 2020 dengan materi orasi ilmiah yang dibawakan oleh: 1. Kasubdit Sarpras Kemahasiswaan Kemenag RI., 2. Ketua Dema IAIN Samarinda terkait antarpologi kampus, keaswajaan dan Islam Nusantara, nilai dasar perguruan tinggi, dan Unit Kegiatan/Khusus Mahasiswa (UKM/UKK) IAIN Samarinda. Kedua, tingkat Fakultas pada tanggal 22 dan 23 September 2020 membahas tentang Prodi doleh yang akan disampaikan Dekan dan para Wakil Dekan, Kepala Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kabag Fakultas, Sema/Dema dan Himpunan Mahasiswa Progam Studi”. Jelas Dr. Zamroni, M.Pd.#humasiainsmd

News Feed